Kim Jong Un dinobatkan sebagai The (Onion’s) Sexiest Man Alive For 2012?

Di artikelnya yang ini, The Onion menobatkan Kim Jong Un sebagai The (Onion’s) Sexiest Man Alive For 2012. Lucu banget, narasinya aja begini:

With his devastatingly handsome, round face, his boyish charm, and his strong, sturdy frame, this Pyongyang-bred heartthrob is every woman’s dream come true. Blessed with an air of power that masks an unmistakable cute, cuddly side, Kim made this newspaper’s editorial board swoon with his impeccable fashion sense, chic short hairstyle, and, of course, that famous smile.

“He has that rare ability to somehow be completely adorable and completely macho at the same time,” Onion Style and Entertainment editor Marissa Blake-Zweibel said. “And that’s the quality that makes him the sort of man women want, and men want to be. He’s a real hunk with real intensity who also knows how to cut loose and let his hair down.”

Added Blake-Zweibel, “Ri Sol-ju is one lucky lady, that’s for sure!”

They’ve got to be kidding right?

Ya, emang mereka lagi becanda. The Onion adalah website berita satir. Liat aja beberapa judul artikel yang mereka muat pas saya kunjungin, “Obama: ‘I Will Allow 10 States To Secede, But No More’, “U.N. Agency Says 2012 Celebrities Hottest On Record,” dan “Geese All Flying To Andy García’s House For Winter.” Ngawur banget lah, pokoknya.

Yang The (Onion’s) Sexiest Man Alive For 2012-nya Kim Jong Un pun tentunya berita satir, bisa diliat dari ‘penerima penghargaan’ ini pada tahun-tahun sebelumnya, yaitu: Bashar al-Assad (2011), Bernie Madoff (2010), Charles and David Koch (co-winners) (2009), sama Ted Kaczynski (2008), sama T. Herman Zweibel (2007).

Nah, lucunya, dan yang bikin heboh, adalah becandaannya The Onion dianggap serius oleh koran People’s Daily, sebuah koran propaganda resmi dari pemerintah China. Sebelum dihapus, People’s Daily menulis ulang berita satir itu dan menambahkan koleksi 55 slideshow foto Kim Jong Un di artikel yang berjudul North Korea’s top leader named The Onion Sexiest Man Alive for 2012, di sini: http://english.people.com.cn/90777/8035568.html. Sayangnya link ini udah ditutup pas saya posting tulisan ini. Tapi pas saya kunjungin hari Jumat, 30 November 2012 link-nya masih hidup dan sempet capture, kayak begini:

Jangan-jangan People’s Daily ini juga website berita satir versi China?

Nggak, mereka ini koran serius, bahkan merupakan koran resmi pemerintah China, liat aja deskripsinya:

Launched in January 1998, People’s Daily Online is a website built by People’s Daily, the official newspaper of the Communist Party of China.

Liat aja berita-berita yang dimuat pas websitenya saya kunjungin: Japan must face up to relations with ChinaChina refutes assertion of copycat jet technology, dan Chinese manufacturing continues to expand in November. Coba bandingin sama berita-beritanya The Onion deh…🙂

Terus-terus…

Nah, yang di The Onion tambah seneng kerjaan becandaan mereka dianggap serius sama koran resmi di China. Lumayan untuk mengobati lara bahwa meskipun perekonomian Amerika jauh kedodoran dibandingkan China, mereka masih punya satu keunggulan yang bisa dibanggakan, satir.🙂

The Onion lantas mengupdate beritanya dengan tulisan lucu banget kayak begini:

UPDATE: For more coverage on The Onion’s Sexiest Man Alive 2012, Kim Jong-Un, please visit our friends at the People’s Daily in China, a proud Communist subsidiary of The Onion, Inc. Exemplary reportage, comrades.

Terus, orang-orang di People’s Daily ini gak nyadar juga gituh kalo beritanya The Onion itu cuma satir?

Awalnya, editor The People , Wang Miaomiao, berkata bahwa  “she was not worried about the mistake”:

“Even if it was satire, the report itself was true. The content is not made up. Also, we have to go through a procedure to take something down from the website,” Wang said. “In addition, it is not a fabricated report, and it does not jeopardize society.”

Makanya, berita itu tetep muncul di website People’s Daily selama beberapa hari meskipun udah rame dibahas. Tapi akhirnya, The People menghapus berita itu di websitenya. Mereka bilang:

“We have realized it is satirical,” said the editor who works on the site’s South Korea channel, one of the three channels where it was posted. He refused to give his name. When asked whether editors knew the Onion piece was satirical when the People’s Daily item was first posted, he declined to clarify, but added that they picked up the news after first seeing it on China’s state-run Guangming Daily website.

He said that he hoped the incident wouldn’t draw too much attention.

Apa ini artinya orang-orang China serius banget mikirin komunisme sampe gak paham satir ya?

Ada yang menganggap begitu, artikel yang ini contohnya, yang menulis:

Satire that mocks authority obviously is not allowed in an authoritarian system. Having never seen satire, and instead receiving nothing but fawning praise themselves, the autocrats are incapable of recognizing satire. It’s very funny, but it’s also very sad.

Buat saya sih, kejadian ini tambah mengingatkan pentingnya mengecek dan ricek sumber tulisan dan juga referensi dalam menulis. Lagian, yang udah kena ‘tipu’ sama ulasannya The Onion juga bukan cuma People’s Daily koq. Pada tahun 2002, Beijing Evening News melaporkan ulang berita The Onion (lagi) tentang anggota kongres AS yang meninggalkan Washington. Pada bulan September 2012, giliran Iran News Agency yang kena tipu berita The Onion yang Gallup Poll: Rural Whites Prefer Ahmadinejad To Obama.

Dari sudut pandang sebaliknya, tidak kurang dari James Cameron, MSNBC EntertainmentMail OnlineHollywood Reporter, dan Entertainment Weekly yang mengutip ulang berita tentang disensornya film Titanic 3D, yang ternyata merupakan berita satir dari blog biasa, tapi bukan dari koran atau portal berita.

Jadi intinya, sangat penting untuk mengecek ulang setiap berita yang diterima, termasuk postingan ini.

Wallahu a’lam.

Tentang Maman Firmansyah

Seorang pegawai yang gak jelas kerjaannya, selain apa yang disuruh atasan. Suami dari seorang istri dan ayah dari dua orang anak.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s