Tentang Lomba Ngeblog VoA

Yeah, I know.. It’s way too late to post this, but anyway, it’s always better late than never, right?… *pembenaran.

Okay, berita terbesarnya adalah saya akhirnya mendapatkan sesuatu sebagai hadiah, selain satu set buku tulis sebagai hadiah ranking 1 pas zamannya SD dulu.🙂 Nggak tanggung-tanggung, hadiahnya langsung dapet iPad. Nah, sebagai pengingat bagi anak cucu, berikut ini ulasan saya mengenai keikutsertaan saya ikut lomba ngeblog di VoA yang akhirnya berujung sang iPad tercinta.

Awal Taunya

Awal taunya tentang Kontes Ngeblog VoA karena saya baca postingannya Una di sini. Una merupakan pemenang Kontes Ngeblog VoA periode Maret 2012 dengan postingannya yang ini. Karena taunya baru akhir Mei, saya pun menyiapkan diri, *taelahgayabener, buat ikutan Kontes Ngeblog VoA . Dan akhirnya, selama periode kontes yang bulan Juni saya ngirimin dua postingan buat ikut lomba, Krisis Ekonomi Spanyol: (Berusaha) Dijelaskan dan Kebebasan Bertindak dan (Ir)Rasionalitas: Kenapa yang Enak-enak itu (Kadang Perlu) Dilarang?. Dan akhirnya, artikel yang pertama ternyata menang hadiah pertama. Alhamdulillah…🙂

My First Blogging Contest

Yup, you’ve read it right, ini pertama kalinya saya ikutan kontes ngeblog. Saya memang ngikutin banyak banget blogger Indonesia dan saya emang tau kalo banyak banget kontes ngeblog maupun acara giveaway yang diadain, baik oleh sesama blogger maupun oleh penyelenggara kontes dari perusahaan. Namun, saya belum pernah ikut karena dua alasan:

1. Topik kontes yang dibatasin

Saya ngeblog dengan topik yang seinget saya, kadang cerita tentang keluarga, kadang ekonomi dan keuangan, kadang cuman nyinyir. Ketika ada giveaway dengan tema binatang piaran misalnya, saya kebingungan mau nulis tentang apa mengingat nyamuk, kecoa, dan semut yang berkeliaran di rumah saya jelas nggak bisa dikategorikan sebagai binatang piaraan.🙂

Nah, Kontes Ngeblog VoA ini beda banget karena temanya bisa apa aja, asal terinspirasi dari berita VoA, entah itu di website, video, youtube, atau bahkan televisi. Jadi, range topiknya bervariasi sekali sesuai dengan bakat dan minat. Akhirnya, saya pun nyempetin diri nulis tentang krisis ekonomi spanyol dan kebebasan. Dua topik yang memang sering saya tulis dan memang sesuai minat.

2. Waktu kontes yang biasanya terbatas

Kalo lomba ngeblog atau giveway itu biasanya waktunya sangat terbatas, kadang saya taunya bahkan ketika udah selesai dan ketauan pemenangnya, Kontes Ngeblog VoA dilaksanakan setaun full, dengan pemenang setiap periode bulanan. Buat procrastinator kayak saya, waktu lomba yang senggang ini adalah surga.🙂 Waktu kontes ngeblog yang panjang juga memungkinkan blogger dengan tulisan-tulisan yang keren dan trafik pengunjung yang tinggi buat menang di periode awal-awal, menyisakan blogger kayak saya di periode akhir…:) Alasan ini pula yang mungkin bikin saya menang: yang keren2 udah menang di awal…🙂 Tapi, hey, tentu gak masalah dong, kan kami dinilai sesama peserta lomba pada periode yang sama kan? Inget credo, you don’t have to be good, you just have to be good enough (to win)…!

3. SEO in mind

Saya pasti nyerah sebelum perang kalo kriteria lomba ngeblog itu adalah trafik pengunjung.😦 Blog saya di wordpress ini hanya dikunjungi sekitar 20-an per hari. Kalo kriterianya jumlah pengunjung, saya gak akan pernah bisa menang. Kontes Ngeblog VoA sepertinya berbeda karena pas saya cek tanggal 25 Agustus 2012, setelah pengumuman menang Kontes Ngeblog VoA, trafiknya pun hanya 324 pengunjung:

Cross-post tulisan yang sama di Kompasiana pun hanya berhasil menarik pengunjung sebanyak 273 pengunjung dengan jumlah komen sebanyak 4 komen, 2 di antaranya reply dari saya.😦.

Ngambil Hadiah Nih Ceritanya

Pengumuman pemenang lomba dilaksanakan tanggal 21 Agustus 2012, H+lebaran, dan saya dikabari oleh mbak Anna dari VoA Indonesia pas tanggal 22 Agustus pas saya masih mudik di Majalengka. Ketika diminta buat ngambil hadiah hari Jumat tanggal 24 Agustus 2012, saya minta diundur ke Senen, yang akhirnya disetujui. Baik banget..!!!

Singkat kata hari Senen itu saya berangkat dari rumah, saya masih cuti lebaran jadi belum ngantor, ke kantor VoA Indonesia di Gedung Deutsche Bank di Jalan Imam Bonjol. Langsung ke lantai 10, saya sempet kesulitan karena nggak ada tanda penunjuk VoA Indonesia  sama sekali, ternyata kantornya di pojok kiri dan emang gak pake tulisan apa-apa (kata pak Frans sih karena ada permintaan sebelumnya).

Setelah ngobrol dengan bu Anna, pak Frans Dadak Demon (direktur VoA Indonesia), dan kawan-kawan di kantor VoA Indonesia, maka sang iPad pun resmi berpindah tangan:


Berfoto bareng pak Frans dengan iPad 2 hadiah Kontes Ngeblog VoA periode bulan Juni 2012 (photo courtesy VoA Indonesia).

Dan inilah penampakan sang iPad 2:

Ternyata iPad 2-nya yang 3G+Wi-Fi  16 GB, dan juga dapet goodiebag lain dari VoA Indonesia, kayak gini:

Dari kantor VoA Indonesia langsung cari Apple Smartcase sama screen protector di Pacific Place, yang hebatnya langsung ditawarin jailbreak iPadnya, sambil sekalian ambil pesanan baterai cadangan LG Optimus 2x:

Dan segera ketauan siapa penguasa iPad 2 yang sesungguhnya… :

Tentang Maman Firmansyah

Seorang pegawai yang gak jelas kerjaannya, selain apa yang disuruh atasan. Suami dari seorang istri dan ayah dari dua orang anak.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag . Tandai permalink.

2 Balasan ke Tentang Lomba Ngeblog VoA

  1. Nugroho berkata:

    Makasih infonya Mas. Saya penasaran iPad2 yg berapa GB dan 3G nya. Baru berencana ikut lomba ini Mas.

Tinggalkan Balasan

