Ribetnya Pake Kanggaru…

Awalnya pas dimintain temen yang udah pulang ke Indonesia buat transfer uang sisa bond rumahnya, beliau cerita kalo ngirim uang pake Kanggaru musti pake ngirim bukti ID yang udah dilegalisir JP. Info ini baru saya tau karena dari empat kali sebelumnya saya pake jasa Kanggaru, gak ada prosedur semacam itu. Biasanya saya cuma deposit uang di Bank ANZ, terus sms HP-nya pak Torik, bilang kalo saya udah transfer, dan mohon uangnya ditransfer ke rekening anu di bank anu di Indonesia. Udah, tinggal nunggu dua jam selanjutnya bakal dikabarin, ” dana sudah terkirim…”

Pas saya konfirmasi via phone ke Kanggaru, emang bener ada aturan baru kayak gitu. “Baru Mas aturannya, pas pertengahan Maret baru keluar. Mas legalisir paspor ke JP (Justice of Peace), terus di-scan, kirim pake e-mail ke kita. Cukup sekali doang koq ngiriminnya..”, begitu katanya.

Ya udah, pas selesai sholat Jumat kemaren saya dateng ke Police Offiece di Hindley Stret, ternyata di Police Office yang ini nggak bisa ngasih certification, soalnya gak ada JP-nya. Saya disaranin dateng ke 50 Pirie Street, di sini ada volunteer yang praktik jadi JP. Ya udah tuh, jalan dari Hindley ke Pirie, lumayan juga bikin kaki pegel. Pas nyampe di 50 Pirie Street, naek ke lantai 9, eh.. gak ada JP yang volunteer pas jam segitu. Pas telpon ke nomor yang tersedia, dibilangin kalo tiap hari juga bakalan ada yang volunteer, dari jam 9 pagi sampe jam 5 sore, kecuali pas jam-nya gue dateng… Arrrgggh….

Hari Selasa minggu depannya saya kembali ke Pirie Street, pagi-pagi sebelum kuliah, jam 9.20 nyampe. Ngantri sebentar, ketemu dikasi legalisir, udah beres… Gak nyampe semenit, dan pas ditanya,” Should I pay for this service?”, sang JP jawab,” Smile…, pay with your smile…” Dapet legalisiran, langsung deposit ke ANZ, kuliah terus scan copy paspor di State Library. Selesai scan, kirim email ke pak Torik dan juga sms ke pak Torik ngasih tahu soal pengiriman uang.

Ditungguin sampe sore, gak ada kabar. Pas buka e-mail besok paginya, ada e-mail dari Kanggaru, nanyain alamat lengkat sama nomor telepon saya:

kanggaru2

Padahal, di e-mail saya yang pertama udah jelas-jelas dicantumin:

kanggaru1

Jadi kesel aja, kenapa sms saya sebelumnya gak digubris sih? Harusnya kan disinkronkan antara e-mail sama sms. Kalo responnya pake e-mail gitu kan jadi telat secara saya gak tiap detik bisa akses e-mail.

Untungnya, pas besok siangnya dicek, kiriman uang tersebut udah dikirim ke rekening tujuan, dan pas diliat tanggal pengiriman ternyata udah dikirim kemaren, hari yang sama dengan deposit uang di ANZ. Berarti dari segi proses masih dalam hari yang sama, tapi respon pemberitahuan malah telat sehari, itu pun hanya lewat e-mail, tidak ada pemberitahuan sama sekali lewat sms, mungkin Kanggaru lagi cost-cutting kali. Mudah-mudahan ribetnya Kanggaru dengan aturan baru ini hanya pas pertama ngirim ID ini doang ya…

Tentang Maman Firmansyah

Seorang pegawai yang gak jelas kerjaannya, selain apa yang disuruh atasan. Suami dari seorang istri dan ayah dari dua orang anak.
Pos ini dipublikasikan di Life in Adelaide, Review dan tag , . Tandai permalink.

12 Balasan ke Ribetnya Pake Kanggaru…

  1. arif berkata:

    wah…sama mas. tapi kalo saya legalisirnya mah di post office saja. gak sampe semenit n gratis juga.

    salam kenal dari Perth

    Arif

  2. Muhammad Sayuti berkata:

    Mas, judulnya seharusnya “Ribetnya nyari tanda tangan Justice of Peace”, hehe… Saya juga jadi berpengalaman untuk minta tanda tangan JP krn KANGGARU. Ternyata mudah banget, kantornya di Chemist (Apotik) dekat rumah. Awalnya ke Post Office, terus diberitahu ke JP next to the Post Office. Ternyata hanya tanda tangan begitu. Sederhana banget. Begitu scan dan email paspor dh ttd JP, beberapa menit kemudian email datang “dana sudah dikirim” padahal hanya AUD 75..!!! Untuk ganti foto copy angket di Yogya. Hehehe…
    Sayuti dari kampung Wollongong NSW.

    • Maman Firmansyah berkata:

      Usulnya diterima Mas Sayuti, tapi kan saya ribet-ribet nyari tanda tangan JP buat ngirim uang pake Kanggaru, bukan karena saya hobi ngumpulin tanda tangan JP, he..he.. Kesimpulannya, usul diterima, ditampung, terus ditolak…. Maap..

      Salam kenal juga Mas. Kalo Wollongong itu kampung, Adelaide jadinya apa ya? Dusun?

  3. Wati Yani berkata:

    Mas Arif, agak ribet memang kirim uang setelah ada aturan baru. Tapi pak Torik tetap bertanggungjawab kok. Suami kirim uang, terus diminta kirim SIM yang dilegalisir (sama di kantor post). Karena sudah di post office, ya sudah kopi sim tsb langsung dikirim via post. Eee, ternyata tunggu punya tunggu surat gak nyampe tempat pak Torik. Akhirnya pak Torik nelpon saya ke nomor saya yang di Indonesia, dan memastikan bahwa kurs yang dipakai tetap kurs pada saat uang diterima Kanggaru, tapi uang akan dikirim kalau kopi sim dah nyampai. Memang terlambat sampainya, tapi tetap percaya sama Kanggaru🙂
    (Harusnya ini masuk testimoni di web kanggaru ya kekeke).
    Salam kenal dan salam hangat dari negeri anging mamiri

  4. sydney berkata:

    Waktu saya register dg kanggaru,gampang bgt
    tuh. Saya pikir bukan kanggaruny yg payah,
    tp mas nya sendiri hehe.kl mau prompt reply
    pake tlp mas,jgn mutlak rely on email. Siapa
    y bisa mastiin email kita sll tiba ontime?
    Jd jgn ragu kl mau nelpon mrk,ato masnya y lg
    cost cutting? Hehe peace.. Sydney

  5. Sam berkata:

    Hati2 pakai kanggaru, ratenya saat saya kirim uang ke Indo RP7650, ternyata baru jam 12.30 (waktu sydney) ratenya diganti jadi Rp7350. Rugi abis, saya keburu transfer lewat NAB jam 9 pagi. Kalau tau mereka telat ganti rate, saya ga akan transfer sebanyak itu. Saya sudah complain tapi jawabannya kadang mereka update rate jam segitu dgn rate yg lebih baik dan ga ada yang keberatan. Aneh nih Kanggaru, seumur2 saya sih ga pernah dapet rate yg lebih bagus dari yg di website. Saya ga minta rate yg lebih tinggi lho, hanya rate yg sesuai dgn yg tercantum di website mereka. Lagian Kanggaru memang ga terdaftar sebagai financial company di australia, pengalaman ini mendorong saya untuk pakai yg service yg lain saja. Lebih aman dan adil, ratenya selalu mereka update jam 3 pagi WIB.

  6. aris berkata:

    apa itu mas Sam , bisa di share dunk nama service company yg lain itu

  7. Joni berkata:

    COmpany yang lain: kangaroo service. Webnya: http://www.kangaroo-service.com/home.html

  8. Tipa berkata:

    Kanggaru service bagus kok, sudah pakai beberapa tahun. Anda saja yang baru tau system di Aussie, baru diminta ke JP saja sudah ribet🙂, urusan kecil gitu. Tinggal ke Library, Post Office, dll banyak ada JP. Perlunya surat-surat tersebut sebagai bukti diri anda, supaya uang yg dikirim bisa di track oleh law enforcement, bukan untuk mendanain teroris atau yg lainnya🙂. Semoga faham Maman

Tinggalkan Balasan

