‘Rahasia’ Air Beras kah?

Pas lagi nonton TV, istri tergopoh-gopoh lari, lantas cerita,

“Pa, tadi Pak RT ngajak ngobrol sama Mama pas lagi jemur, kayaknya sih nanyain kenapa tanaman yang di depan rumah itu jadi bagus…”

“Terus, Mama jawab gimana?”

“Nggak, Mama malah kabur, abisnya Mama takut… Jemuran aja belum Mama kasih jepitan udah Mama tinggal aja..”

Halah, ada orang nanya kow malah ditinggal kabur, ada-ada aja si Mama inih… 7 bulan di negeri orang ternyata gak bikin kemampuan bahasa dan keberanian ngadepin orang bertambah..

Jadi ceritanya, kebetulan di depan rumah memang ada sebaris tanah yang emang semenjak saya dateng udah ada tanamannya, bunga-bungaan gitu saya juga gak paham bungan apaan. Kayak gini nih kondisinya:

p040409_1751

Pas tanda tangan perjanjian lease dulu emang udah dibilangin sama agen property: “gak usah ngurusin taman yang di depan rumah, soalnya udah ada yang ngurusin (dan kemungkinan dibayar buat itu – ya Pak RT itu tadi).” Belum lagi udah diwanti-wanti sama penghuni sebelumnya: “Jangan pernah berani-berani nyabut tanaman yang ada di depan rumah ya! Itu kepunyaan dan diurusin sama pak RT. Soalnya dulu pernah ada yang ngebuangin tanaman di depan unitnya, terus dimarahin sama Pak RT..”

Ya udah semenjak saya pindah ke unit pun, saya sendiri gak pernah peduli ngurusin atau nyiramin, males…, dan saya juga gak inget persis apa bunga-bunga yang ada di depan rumah itu berkembang bagus apa nggak pas saya dateng, yang jelas gak pada mati ajah… Tiap hari juga saya liat pak RT pada nyiramin tanaman yang ada di seluruh unit yang ada.

Nah, begitu istri saya dateng, mulai tuh kebiasaan istri: “abis nyuci beras, air tajin cucian berasnya dipake buat nyiram kembang di depan rumah. Begitu terus tiap hari…

Sampe pada saatnya, pak RT nanya, bukan hanya ke istri, tapi juga ke saya pas pulang jalan-jalan bareng Athifa sama istri. Pas hampir nyampe rumah, Pak RT ngejar dari belakang, sama-sama baru nyampe juga kayaknya, dan nyapa:

” Hi, G’day..(ini biasa, tiap kali ketemu juga pasti good-good-an begini..)

“Hi, good day…”

“Are there something good in there?” (sambil nunjuk ke junk mail yang lagi saya pegang. Ini baru luar biasa, ada conversation di luar sapaan Good Day. Udah hampir 10 bulan saya di sini dan Pak RT ini gak pernah nanya di luar sapaan biasa).

Berikutnya, pak RT nanyain soal kembang di depan rumah:

” I noticed that the flower in front of your unit are in very good condition. Are you putting something special in it?”

Sampe sini, saya bingung: jangan-jangan Pak RT ini mau nyalahin gue gara-gara tiap hari nyiramin kembang, padahal itu kan bagiannya dia…

“Ooh.. that flowers…,actually after my wife wash our rice, she then water the flowers using the after-wash-rice-water. I think that’s why the flowers grow well.”

Jujur saya sendiri sebenarnya gak yakin dengan jawaban ngawur saya, tapi minimal dengan jawaban itu pak RT jadi teryakinkan dan mengangguk-angguk, “Oooh, that’s the way you usually water your plant in your back home, then..”

Kalo mau jujur mah, kembang-kembang di depan unit saya emang keliatan bagus dan berkembang karena emang di bagian lain kondisinya kayak gini nih:

p040409_175202

Semak belukar, tanpa bunga, tanpa keindahan… Ya iyaa lah.. bunga-bunga itu jadi keliatan bagus…

Tentang Maman Firmansyah

Seorang pegawai yang gak jelas kerjaannya, selain apa yang disuruh atasan. Suami dari seorang istri dan ayah dari dua orang anak.
Pos ini dipublikasikan di Keluarga, Life in Adelaide, Pribadi dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke ‘Rahasia’ Air Beras kah?

  1. Salim Darmadi berkata:

    Hehe… ada “sentuhan cinta”-nya itu, Mas…

Tinggalkan Balasan

