Hiatus (lagi…)

Gak terasa udah 22 hari saya berhiatus gak posting apa-apa di blog ini. Emang masih sempet balesin komentar yang masuk atau juga balesin email buat komen yang saya rasa perlu dibales pake email, cuma rasanya gak sreg aja disebut blogging kalo gak posting.

Sempet kepikiran sih mungkin karena kesibukan semester baru makanya gak sempet posting apa-apa. Sempet kepikiran juga kalo saya ini hanya ngeblog demi ‘tren sesaat’, seperti yang dibilangin mas Nofie Iman di postingannya yang ini. Atau juga saya ini sudah jenuh dan pengen beristirahat, seperti yang sudah dialamin sama Mas Eko Pramuyanto. Setelah dipikir-pikir mendalam lagi, ternyata yang bikin saya gak sempet ngeblog adalah karena kebiasaan browsing saya selama ini yang memang ‘menganaktirikan’ proses ngeblog.

Jadi ceritanya, kesempatan browsing saya selama masa perkuliahan praktis cuma ada dua kemungkinan. Yang pertama adalah pas jam kosong di antara waktu kuliah, itu pun kalo pas kebagian komputer kampus. Pas browsing di antara sela kuliah ini, bisa dipastikan saya gak akan sempet ngeblog. Selain karena waktu yang terbatas dan mepet-mepet, saya ngerasa gak nyaman ajah cuap-cuap ngeblog di antara puluhan orang yang juga pake komputer di library atau computer lab (padahal sih mereka gak ngerti juga sama bahasa Indonesia yang aku pake) tapi tetep aja gak nyaman rasanya…

Nah, kemungkinan browsing yang kedua adalah pagi-pagi abis sholat shubuh (sekarang-sekarang ini shubuhnya jam 6-an pagi). Nah pas browsing pagi-pagi di rumah ini, rutinitas saya adalah:

  1. Ngecek sisa bandwith di situsnya Three;
  2. Ngecek Myuni, layanan kampus tempat dosen nyimpen file kuliah sama pengumuman;
  3. Ngecek email kampus;
  4. Ngecek akun library kampus, takutnya ada buku pinjeman yang udah jatuh tempo, demerit point-nya bisa bikin keder juga;
  5. Buka akun saya di iGoogle. Ada beberapa urutan kegiatan yang saya lakuin di iGoogle langsung, gak perlu buka layanan Google yang sebenarnya saya pake. Yang pertama, saya ngecek akun Gmail saya, kalo ada comment yang masuk ke blog saya, udah ketauan di Gmail, biasanya langsung saya buka wordpress, lalu bales komennya, doang. Kalo ada email yang perlu dibales ya saya langsung buka Gmail di tab yang laen. Yang kedua, saya saya cek beberapa stuff yang saya pasang, antara lain: weather di Adelaide, quotes of the day, financial quotes by Jim Cramer, sama beberapa rss feed ke Wall Street Journal, Financial Times, Market Watch, sama Morningstar. Kalo ada artikel yang kira-kira menarik, saya baca dulu itu artikel. Yang ketiga, saya bacain beberapa blog saya ikutin pake Google Reader. Jumlah post tiap harinya variasi, antara 15 sampe 40-an post tiap hari. Yang terakhir, saya ngikutin Google News, dan baca artikel yang menarik menurut saya. Keliatan banget betapa bergantungnya saya sama Google…, mudah-mudahan Google gak sampe bangkrut…
  6. Buka akun email saya di Yahoo.
  7. Ngecek akun library di Adelaide City Council, tiap DVD yang telat dendanya $1.3. Jangan sampe telat..
  8. Buka detik.com, yang rutin dicek detikinet sama detiksport (khusus F1 sama MotoGP doang);
  9. Buka kompas cetak, atau kompas e-paper, baca kompas hari ini, langsung dan gratis;
  10. Ngecek akun facebook saya, kalo ada link yang menarik dari aktivitas 5, 8, atau 9, biasanya saya post di akun facebook, biar kalo saya butuh lagi, masih bisa di-cek ulang. Seperti yang sudah saya ceritakan di sini
  11. Terakhir, buka akun wordpress, nyari ide-ide buat nulis. Kalo udah ketemu idenya, lantas googling nyari supporting data, baru deh nulis, dan post…

Masalahnya, biasanya baru pas langkah kedelapan, atau bahkan baru langkah kelima, Athifa sudah bangun. Dan jangan harap bisa browsing dengan aman dan nyaman kalo Athifa ngeliat bapaknya lagi di depan laptop. Ada beberapa kemungkinan yang terjadi kemudian kalo Athifa udah bangun: Athifa pengen maen games toddler di situsnya Fisher Price; pengen nonton video di laptop; pengen nonton video di hape LG yang saya pake buat modem, dan dengan santainya dicabut dari port USB-nya; atau Athifa udah laper minta dibikinin sarapan. Hasil akhirnya? Sama-sama acara browsing saya selesai, tanpa sempet nyampe ke langkah 11… Itulah makanya blog ini sering banget berhiatus…

Tentang Maman Firmansyah

Seorang pegawai yang gak jelas kerjaannya, selain apa yang disuruh atasan. Suami dari seorang istri dan ayah dari dua orang anak.
Pos ini dipublikasikan di Blogwalking, Pribadi dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Hiatus (lagi…)

  1. byme berkata:

    oke
    salam kenal
    byme

Tinggalkan Balasan

