Kevin ‘Ruud’ (?) di Kompas

Kompas hari ini, Sabtu, 28 Februari 2009, di bagian Internationalnya menurunkan laporan Konferensi soal Hubungan Bilateral Australia-Indonesia dengan judul artikel Gelas Setengah Penuh. Tidak ada yang luar biasa tentang artikel itu selain nama Perdana Menteri Australia ditulis salah: Kevin Ruud (seharusnya Kevin Rudd). Gak tanggung-tanggung, sampe tiga kali nama Kevin Ruud diulang. Karena saya pikir kesalahan itu cuma di halaman http://cetak.kompas.com, saya coba ngecek ke halaman epapernya Kompas di http://epaper.kompas.com/, ternyata kesalahan itu juga terjadi di halaman Kompas yang epaper. Berarti kesalahan yang sama telah disebarkan ke jutaaan pembaca Kompas di Indonesia. Screenshoot halaman epapernya Kompas dari artikel yang sama sebagai berikut:

ruud

Tentu tidak ada yang luar biasa dengan salah ketik (errata). Semua orang dan semua penerbitan pernah mengalami. Cuma patut disayangkan kalo media sebesar Kompas, dengan wartawan yang, seharusnya, andal, dan editor yang canggih, kesalahan kayak gini masih bisa terjadi. Lucu…

Tentang Maman Firmansyah

Seorang pegawai yang gak jelas kerjaannya, selain apa yang disuruh atasan. Suami dari seorang istri dan ayah dari dua orang anak.
Pos ini dipublikasikan di Itulah Indonesia dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s