Atlantis ‘Ditemukan’ Google Earth?

Awal taunya dari berita di detik.com yang ini, Google Earth Temukan Kota Atlantis? Setelah googling, ternyata jagad internet ini udah geger gara-gara temuan Google Earth versi 5.0 ini. Pertama kali diungkap sama Daily Telegraph di berita yang ini, selanjutnya juga ada ulasan lucu dan seru dari Cnet di sini, dari yahoo di sini, dan Crunchgear di sini. Menurut laporan ini, sang Atlantis ditemukan di Barat Laut Afrika, di sekitar Canary Islands, tempat yang dari segi lokasi yang diceritakan Plato emang memungkinkan jadi lokasi Atlantis. Dari artikelnya Daily Telegraph, disajikan gambar dari Google Earth kayak gini:

Googleearth_Atlantis_1

Googleearth_Atlantis_2

Googleearth_Atlantis_3

Googleearth_Atlantis_4

Googleearth_Atlantis_5

Pertanyaannya: mungkinkah?
Google sendiri membantah kemungkinan itu, bilangnya:

“What users are seeing is an artefact of the data collection process.… Bathymetric (or sea floor terrain) data is often collected from boats using sonar to take measurements of the sea floor.… The lines reflect the path of the boat as it gathers the data. The fact that there are blank spots between each of these lines is a sign of how little we really know about the world’s oceans.”

Seperti yang dibilang sama Cnet di sini, ada dua kemungkinan kenapa Google bilang begini, karena emang bener begitu adanya (pertanyaan selanjutnya: kenapa di wilayah lautan laen, yang juga dikumpulkan datanya pake sonar, gak keliatan garis-garis kayak pengumpulan data kayak gitu?) atau emang Google emang nutup-nutupin sesuatu (asyik conspiracy theory…). Biar seru, dan postingan ini tambah panjang, mari kita lanjut dengan kemungkinan kedua.

Saya sendiri, di waktu luang saya yang saya senggang, sempet baca tiga buku terkait Atlantis, The Atlas of Atlantis and Other Lost Civilizations: Discover the History and Wisdom of Atlantis, Lemuria, Mu and Other Ancient Civilization, karangannya Joel Levy, The Atlantis Enigma karangannya Brennan Harbie, sama The Seventy Great Mysteries of the Ancient World: Unlocking the secretsof past civilization karangannya Bryan M. Fagan. Berbekal baca tiga buku itulah, bisa diambil beberapa kesimpulan.

Yang pertama, dari segi lokasi, COCOK. Plato, yang perma ‘bercerita’ tentang Atlantis bilang kalo lokasinya Atlantis itu: “in front of the Pillars of Hercules (Selat Gibraltar). Lokasi yang ditemukan Google Earth ini cocok (walau bisa diperdebatkan sejauh mana pas-nya ‘in front’ itu). Joel Levy malah berspekulasi kalo Atlantis itu lokasinya bisa di mana aja, termasuk, believe it or not, Selat Sunda-nya Jwa Barat plus Krakatau-nya.

Yang kedua, dari segi ukuran, NGGAK COCOK. Plato juga bilang kalo ukurannya Atlantis itu, ‘larger than Libya and Asia together.’ Kalo di liat dari gambarnya Google Earth dan dari penjelasan ‘penemu’-nya yang bilang kalo ukuran Atlantis-nya Google Earth ini ukurannya cuma, ‘around the size of Wales.’ Jelas gak cocok…

Yang ketiga, dari segi bentuk kotanya, NGGAK COCOK. Plato menjelaskan kalo Atlantis itu kota di mulut pantai yang berbentuk modular (bulatan-bulatan) mengelilingi ‘pusat kota-nya, yang berupa kuil. Di liat dari foto Google Earth yang justru berbentuk kotak-kotak begitu, jelas malah gak cocok.

Atlantis atau bukan, tinggal tunggu aja perkembangan selanjutnya. Para ‘Atlantis-mania’ pasti sudah berharap kalo temuan kali ini bener, dan kalo yang bisa dan mau, pasti udah ada yang secara diam-diam dateng ke lokasi di maksud. Mudah-mudahan saja, James Cameron, produser Titanic, mau dateng kesana dengan kru film-nya buat menyelediki kemungkinan pembuatan film-nya yang laen, Atlantic (mirip kan?).

Tentang Maman Firmansyah

Seorang pegawai yang gak jelas kerjaannya, selain apa yang disuruh atasan. Suami dari seorang istri dan ayah dari dua orang anak.
Pos ini dipublikasikan di Inspired By, Sok Tau dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s