Ngapain Aja Selama Liburan?

Ngapain aja selama liburan?

Dari dulu, jenis pertanyaan kayak gini selalu bikin saya bingung. Sama bingungnya ketika pas zaman SD dulu selalu diberi tugas buat mengarang dengan tema yang sama. Contoh klasik karangan di buku pelajaran bahasa Indonesia, i.e. berlibur ke rumah nenek, sayangnya gak bisa saya contek karena rumah nenek dari pihak ayah hanya terpisah 4 rumah ke kanan dari rumah saya sementara rumah nenek dari pihak ibu hanya berjarak 20 meter ke kiri dari rumah saya. Walhasil, berkunjung ke rumah nenek mah gak perlu nunggu liburan alias bisa tiap hari dan itu pun tidak ada cerita yang ‘layak’ buat diceritakan di tugas mengarang.

Selama liburan sekolah, dari mulai SD, SMP, sampe SMU, saya emang gak ngapa-ngapain. Beneran gak ngapa-ngapain selain santai di rumah, maen dan atau berantem sama saudara, nonton TV, ngasuh adek, atau bantuin ibu masak di dapur. Itu doang.. gak kurang gak lebih. Begitu menginjak bangku kuliah, waktu liburan diisi dengan acara pulang kampung. Waktu liburan yang cuma sebulan itu pun diisi dengan rutinitas yang sama seperti liburan yang dulu-dulu, i.e. santai di rumah, maen, nonton TV, atau bantuin ibu masak di dapur, terkecuali tentunya berantem sama saudara karena udah gede-gede.

Di Adelaide sini, pertama kalinya liburan panjang sampe 3 bulan buat summer holiday, kebayang tambah bingung lagi saya. Final exam selesai, nilai udah keluar, tinggal mau ngapain selama liburan? Alternatifnya:

  • Berburu dollar, dong.. Setelah diidam-idamkan selama berbulan-bulan, mimpi meraup dollar pun sudah di depan mata. Lowongan pekerjaan diburu, surat lamaran die-mail, CV pun dikirimkan, telpon kiri kanan, sms depan belakang, siapa tau ada lowongan kerjaan buat pengangguran kayak saya. Sayangnya, segala bayangan indah tentang mengisi liburan dengan bekerja ternyata tidak seindah yang dibayangkan. Liburan sudah berlalu dua minggu, kerjaan pun belum dapet-dapet juga… Huh, dasar nasip… nasip…
  • Jalan-jalan. Dari mulai jalan-jalan murah, naek bus muter-muter di Adelaide Metro, murah, dan sebagian besar gratis. Mimpi berikutnya tentu jalan-jalan ke inter-state, entah Melbourne atau Sydney, sayangnya berdasarkan konsultasi dengan CFO di rumah, kayaknya musti ditunda dulu, nunggu entar kalo udah kaya kali ya…
  • Ngasuh anak. Sehubungan dengan adanya penganggur baru di rumah, istri tentu gak ketinggalan kreativitas buat memaksimalkan potensi ini. “Papa… pegangin Athifa dulu, Mama mau masak/nyuci/ngepel/nyetrika. Atau Papa aja yang mau masak/nyuci/ngepel/nyetrika?” Pilihan saya:”Ngasuh Athifa ajah, Ma…” Sebuah pilihan bijak….
  • Memaksimalkan layanan gratis dari Library Adelaide City Council. Fasilitas layanan DVD, buku, software gratisan dari library Adelaide City Council tentu perlu dioptimalkan selama liburan kayak gini. Koleksi yang ngantri buat saya jamah kayak begini ini nih fotonya:

books

Tentang Maman Firmansyah

Seorang pegawai yang gak jelas kerjaannya, selain apa yang disuruh atasan. Suami dari seorang istri dan ayah dari dua orang anak.
Pos ini dipublikasikan di Life in Adelaide. Tandai permalink.

2 Balasan ke Ngapain Aja Selama Liburan?

  1. Salim berkata:

    Gak ngambil summer semester Mas?

  2. Maman Firmansyah berkata:

    Ngambil juga summer semester, pilihan bijak buat saya a.k.a mahasiswa yang keteteran selama semester kemaren. Mulainya baru entar tanggal 7 Januari 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s