Tolong… Postingan Gue Dibajak!!!

Sebulan lebih berhiatus, gak posting apa-apa selain reply komen. Eh ternyata, selama periode hiatus itu salah satu tulisan gue, “Kerja Sambil Kuliah atau Kuliah Sambil Kerja?” di-copy paste sama orang laen.

Hah…!!! Di-copy paste sama orang? Gak salah tuh orang? Emang ada gituh tulisan di blog ini yang layak di-copy paste?

Itu dia masalahnya, gue juga yakin seyakin-yakinnya kalo kagak ada postingan di blog ini yang layak baca, apalagi di-copy paste. Makanya jadi agak shock aja ngeliat ada orang yang ‘tertipu’ dan dengan pede-nya meng-copy paste tulisan gue.:mrgreen:

Awalnya pas tanggal 16 Juni 2008, di bagian Taut Kemari wordpress gue ada tautan. Heran juga, koq bisa-bisanya ada tautan ke blog gue setelah berbulan-bulan sebelumnya nge-blog dan gak ada yang nyangkut. Kasian banget ya gue??🙂 Pas gue ikutin tautannya, ternyata link-nya ke blog di blogspot (http://cerita-agus.blogspot.com/2008/07/universitas-indonesia.html). Ini skrinsyut dari blognya mas Agus (atau siapa pun namanya) yang mana dimana adalah copy-paste postingan gue:

Ada beberapa hal ‘aneh’ yang perlu gue kasi tau, yaitu:

  1. Yang pertama dan utama, tentu derajat ‘ketidaklayakannya’ tulisan gue di-copy paste. Agak aneh dan di luar perkiraan tentunya kalo tulisan gue bisa di-copy paste orang laen mengingat isinya yang gak karuan dan gak ada gunanya .  🙂   Jangan-jangan gue justru harus berterima kasih, bukannya marah, karena tulisan gue udah dibajak, he..he..
  2. Mas Agus, dengan pedenya meng-copy paste tulisan gue tentang “”Kerja Sambil Kuliah atau Kuliah Sambil Kerja?” Di postingan ini, berkali-kali gue nyebut ‘sang universitas tercinta’, ‘universitas peringkat 62 dunia’, ‘universitas kita tercinta’, yang dimaksud tentunya adalah universitas tempat gue sekarang, The University of Adelaide, di Australia tentunya. Gue bahkan selalu ngasih hyperlink ke situs kampus gue. Mas Agus, dengan lugunya malah ngasih judul postingan bajakan tersebut dengan, “Universitas Indonesia.” huaa…ha..ha… lucu banget… sumpah!!!!   🙂 Moral of the story, kalo ngopy-paste itu mbok ya di baca dan dipahami konteks postingan yang di-copy, jangan asal nyontek aja. Kan kasian Universitas Indonesia, tak ada angin tak ada hujan koq tiba-tiba jadi judul postingan tentang kerja sambilan?   :mrgreen: 
  3. Siyalnya, setelah udah gue biarin selama sebulan, dengan harapan Mas Agus nyadar kalo tulisan copyannya itu sampah, ternyata sang postingan masih ada terus, cuma tautannya aja yang ilang dari Taut Kemari wordpress gue.
  4. Pas gue search di Google kalimat pertama dari postingan gue, “Entah karena emang orang Indonesia yang keluar negeri identik dengan TKI dan TKW atau karena emang orang Indonesia pada dasarnya emang matre,” postingannya Mas Agus malah nongol di urutan empat. Punya gue cuma muncul di tag wordpress Taiwan (nomor satu), sama tag wordpress Indonesia. Ngeselin bangettt… Begini neh skrinsyutnya:

 

Setelah berkontemplasi, berpikir dalam-dalam, beristikharah, akhirnya gue berkesimpulan: sebagai seorang pengguna barang bajakan (software, PDF textbook, DVD, de-el-el) gue tentu harus berlaku adil terhadap sesama pembajak.

Akhirnya?

Gue biarin aja kali ya?

Tentang Maman Firmansyah

Seorang pegawai yang gak jelas kerjaannya, selain apa yang disuruh atasan. Suami dari seorang istri dan ayah dari dua orang anak.
Pos ini dipublikasikan di Blogwalking. Tandai permalink.

4 Balasan ke Tolong… Postingan Gue Dibajak!!!

  1. Surya Ahdi berkata:

    Ha….ha…ha….
    Aku suka bagian terakhir itu…. “Gua biarin aja kali ya?”….ha…ha….

    Memang sih jadi pertanyaan juga, koq mbikin blog cuma copy paste ya, emang apa enaknya kalo’ nggak orisinil (bener nggak sih ada kata ini dalam Bahasa Indonesia?) 🙂

  2. Maman Firmansyah berkata:

    Kayaknya emang gak ada langkah yang lebih masuk akal daripada dibiarin ajah. Ngabisin energi ajah kalo diurusin mah…

    Bahasa Indonesia ataupun bukan, yang jelas search ‘orisinil’ di google.co.id menghasilkan 301.000 entry loh, Pak. Malahan ada kamus online Indonesia – Inggris juga dikasi nama yang sama loh, orisinil (http://kamus.orisinil.com). Hebat kan? Cocoknya sih harusnya orisinal (dengan asumsi sang kata ngambil dari ‘original’-nya english) kali ya?

Tinggalkan Balasan

