Pulang kampung seharga Jupiter Z

Kuliah menjelang minggu ke-10, ujian tinggal 5 minggu lagi. Libur winter, walau cuma 3 minggu, harus benar-benar dioptimalkan buat pulang kampung ke Indonesia. Menengok keluarga, makan enak, murah, dan di mana saja, nyetop angkot dan bus di mana aja, naek ojek, dan membebaskan diri dari belenggu dingin winter di Adelaide.

Beberapa teman yang sudah memesan tiket pulang, dan perginya lagi, pake Qantas dapet harga AUD$ 1.550, itu pun sudah mesen on-line, kalo pake ke travel agent atau counter-nya Qantas kena tambahan biaya AUD$50. Berburu tiket ke maskapai lain, Malaysian Airlines (MAS) dapet harga yang relatif sama cuma musti nginep dulu di Kuala Lumpur, nyampenya baru besoknya lagi, meski biaya akomodasi udah termasuk tiket tetep aja repot. Sementara kalo pake Singapore Airlines (SQ) justru ketemu harga yang lebih mahal dari Qantas, dengan jadwal yang gak tiap hari, dan sama-sama nginep di Changi,serta kali ini akomodasinya gak ditanggung. Repot banget… Sebenarnya ada satu lagi maskapai yang ada, yaitu Jetstar, cuma sayangnya yang ini gak ngelayanin penerbangan ke Jakarta, adanya cuma ke Bali, itu pun mesti dari Melbourne, jadinya mesti dua kali trasnsit, tambah repot lagi kalo musti nyari tiket dari Denpasar ke Jakarta.

Kelewat mahalnya harga tiket Adelaide – Jakarta – Adelaide ini memang gak tanggung-tanggung. Penyebabnya ternyata jadwal pulang kampung yang pas bulan Juli, musim liburan. Kalo pas musim liburan begini, apalagi kalo entar pas summer, harga tiket pesawat emang pasti dapet yang kelas mahal. Mesen jauh-jauh hari pun gak terlalu berpengaruh sama harga, terutama kalo mesen ke Qantas, MAS, atau SQ. Kalo Jetstar emang bisa dapet tiket yang murah, kalo pesen jauh-jauh hari, dalam hal ini minimal 5 bulan sebelum keberangkatan.

Penyebab lain mahalnya tiket pesawat ini karena memang tidak ada penerbangan langsung dari Adelaide ke Jakarta. Kalo pake Qantas, penerbangannya dari Adelaide ke Sydney dulu, baru abis itu ke Jakarta. Makanya komponen biaya itu juga termasuk biaya tiket Adelaide ke Sydney. Kalo penerbangannya yang langsung dari Sydney, harga tiketnya mungkin bisa lebih murah.

Begitu juga kalo pake MAS, penerbangannya dari Adelaide ke Kuala Lumpur dulu, baru balik lagi ke Jakarta. Kebayang kan? Tiket Jakarta – Kuala Lumpur pake MAS aja kan udah lumayan mahal, apalagi ditambah dari Kuala Lumpur ke Adelaide. Seandainya saja bisa pake parasut terus terjun pas di Jakarta dan gak perlu terus ke Kuala Lumpur mungkin harga tiketnya bisa lebih murah kali ya? 😆 Kondisi serupa juga kalo pake SQ.

Dari sudut pandang biaya pulang kampung, Adelaide bukanlah kota yang ramah murah buat mahasiswa karena biaya tiket pesawat yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan temen-temen mahasiswa yang ada di Sydney atau Melbourne.

Dirupiahkan, yang seharusnya jangan, uang buat beli tiket segitu sama dengan Rp 13.300.000,- alias cukup buat beli satu motor Yamaha Jupiter Z baru, on-the-road. Kalo selama kuliah ini dua kali pulang kampung, ya seharga motor Yamaha Jupiter Z plus satu Honda Revo, atau satu Honda Tiger.

Update 9/12/2008:

Per November ini, ada alternatif baru pulang kampung dari Adelaide semenjak adanya jalur baru penerbangan Jetstar dari Perth ke Jakarta. Tetep satu kali transit di Perth, cuma dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan SQ, Qantas, atau MAS. Beberapa temen sudah nyobain jalur ini, alternatifnya: dari Adelaide ke Perth pake Virgin, dari Perth ke Jakarta pake Jetstar. Tarifnya juga lumayan kompetitif, pas liburan summer begini bisa dapet AUD$800, jauh lebih murah daripada SQ, QF, atau MAS.

Perkembangan lebih baru lagi, ada jalur penerbangan baru langsung dari Adelaide ke Denpasar pake Virgin per 1 Desember 2008. Jadi kalo yang mau pulang ke Jakarta, atau sebaliknya,  bisa pesen Adelaide – Denpasar pake Virgin, dilanjut dari Denpasar ke Jakarta, terserah mau pake apa. Ditotal-total, alternatif ini relatif sama biayanya dengan yang Jetstar dari Perth, cuma bedanya mungkin nyaman ajah kali yah kalo transitnya di Denpasar, di negara sendiri, dan gak perlu ngomong pake bahasa Inggris kan….

Tentang Maman Firmansyah

Seorang pegawai yang gak jelas kerjaannya, selain apa yang disuruh atasan. Suami dari seorang istri dan ayah dari dua orang anak.
Pos ini dipublikasikan di Life in Adelaide. Tandai permalink.

7 Balasan ke Pulang kampung seharga Jupiter Z

  1. goxille berkata:

    haiii kang maman…
    gue ada rencana nih berangkat ke ausy, kira-kira kalo berangkatnya bulan agustus at september tuh ngabisin brapa duit ya hanya untuk tiket pp, n transport? rencana nih pergi ke Rockhampton, tlng gue ya.. soalnya this is my first time.. sooo rather confuse gt deh… trus daerahnya gmana tuhh….?

  2. Maman Firmansyah berkata:

    Kalo soal tiket sih bisa di-cek langsung harganya ke situsnya:
    Qantas (www.qantas.com.au), Malaysian Airlines (www.malaysiaairlines.com), atau ke Singapore Airlines (www.singaporeair.com).

    Agustus – September sih peak season-nya udah selesai, jadi harganya (seharusnya) udah gak mahal banget. Postingan saya soal harga tiket juga gak bisa dijadiin acuan, soalnya Mas kan mau ke Rockhampton, Queensland, jadi patokan harganya juga mungkin beda.

    Kalo soal kondisi Rockhampton, saya kurang paham soalnya saya base di Adelaide, sementara Rockhampton kan di Queensland. Mungkin bisa blogwalking ke temen lain yang ada di Queensland.

  3. brillie berkata:

    btw, $1500an itu tiket pergi pulang kan???

  4. novita berkata:

    Salam kenal kang Maman…
    Mau numpang nimbrung di forum ini nih… Boleh khan…

  5. novita berkata:

    Gini kang….
    Aku mau tanya-tanya…
    Aku kan seorang dokter umum lulusan tahun 2005, nah aku pengen tuh kerja/berkarir di aussie… Ada peluang ga? Ada persyaratan khusus ga? Karena klo ke USA ada tuh yg namanya USMLE. Ya semacam test persamaan gitu supaya bisa dapet ijin praktek di USA. Nah, apakah di aussie juga ada aturan macam gitu? Trus klo aku pengen sekolah lagi ambil spesialis di aussie bisa ga ya?
    Tolong dibales ya Kang…. Di alamat emailku juga bisa. Thanks.

  6. tety berkata:

    wah hidup di adelaide mahal tenan yo,,thanks infonya buat referensi ni sapa tau dapet beasiswa kayak anda, motivate trus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s