Gak PeDe juga

“Mas Maman, bisa ikutan acara cocktail party sama businessman asal Adelaide sini gak?” tanya sang Ketua PPIA Adelaide.
“Wah, acara apaan tuh, Mas?”
“Cuma acara kumpul-kumpul sama businessman sini, ada perwakilan dari Konjen Sydney, terus kita butuh perwakilan dari mahasiswa yang asalnya dari government, kalo mahasiswa yang privat udah ada yang siap dateng. Gimana, bisa kan?”
“Jadi ceritanya mewakili government a.k.a Depkeu, dong? Gak ah, gak pede…”

Begitu ceritanya, ketika diminta dateng ketemu orang business, tetep aja gak pede. Selain permasalahan bahasa, dan penampilan, gak jelas sumber asal muasal ketidakpedean ini bersumber. Padahal dulu zamannya di kantor:

  • Udah sering rapat sama orang-orang Asosiasi Modal Ventura Indonesia. Saking seringnya, udah akrab sama beberapa direksi perusahaan yang ada di Jakarta.
  • Udah tujuh kali Dinas Luar (DL) a.k.a jalan-jalan ke daerah, bertamu ke perusahaan modal ventura di daerah dan ketemu sama direksi dan pegawai di sana. Ceritanya:
    1. Masuk kerja September 2004, belum kebagian DL, yang ada kebagian ceritanya DL dari temen-temen dan, justru, disuruh bikin laporan hasil DL. Dunia memang aneh…😕
    2. Pertengahan 2005, udah disuruh DL ke Aceh, enam bulan setelah kejadian Tsunami, masih sempet ngeliat daerah pantai yang rata dengan tanah dan ngeliat kapal PLTD yang nangkring di pemukiman. Sehabis Aceh, berlanjut ke Samarinda, Riau, dan terakhir ke Palangkaraya.
    3. Dilanjutkan tahun 2006, jalan-jalan dimulai dari Kupang, diteruskan ke Jambi, dan berakhir di Banjarmasin.
    4. Tahun 2007, gak kebagian lagi acara jalan-jalan. Soalnya pas lagi persiapan bahasa Inggris di I/A/L/F.
  • Maret 2006, udah sempet disuruh jalan ke Kuala Lumpur, studi banding (ceritanya…). Dengan penuh bantuan pertolongan dari Malaysian Venture Capital Association (MVCA), bisa bertamu dan menuntut ilmu dari perwakilan government, industri modal ventura, perbankan, lengkap lah pokoknya. Ngobrolnya pake bahasa Inggris lagi…😎
  • April 2006, bekerja sama dengan World Bank nyiapin acara Seminar di Hotel Mulia. Kebagian ngurusin bagian seminar yang modal ventura, akhirnya sukses juga (dengan bantuan banyak pihak tentunya) ngundang pembicara internasional dan nyiapin panelis dari direksi perusahaan modal ventura dari seluruh Indonesia.

Ternyata, minimal bagi gue, pede tuh bukan masalah pengalaman tapi masalah psikologis.

Tentang Maman Firmansyah

Seorang pegawai yang gak jelas kerjaannya, selain apa yang disuruh atasan. Suami dari seorang istri dan ayah dari dua orang anak.
Pos ini dipublikasikan di Pribadi. Tandai permalink.

2 Balasan ke Gak PeDe juga

  1. papahnyalazuward berkata:

    Wah kalau portofolionya dah seabreg dengan banyak pengalaman kayak gitu seh seharusnya gak usah minjem lagi istilah gak pede..minjem istilahnya T2 aja, “Oke” (ABG banget yah…).

    Saya yakin pengalaman berkorelasi positif terhadap kepedean seseorang..caiyo!!!

  2. Maman Firmansyah berkata:

    Hi…hi… itulah masalahnya, tetep aja gak pede juga…😆

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s