Cuaca di Adelaide

Salah seorang teman berkomentar, “BMG sini canggih ya? Perkiraan cuacanya bener terus, gak kayak BMG-nya Indonesia.” Sebagai orang Pondok Betung tempat AMG berada (Jaka Sembung banget ya?), nurani ke-Pondok Betung-an gue gak terima,

” Ah, namanya perkiraan di mana-mana sama aja. Lagian mungkin masalahnya karena elu gak peduli sama perkiraan cuaca di Indonesia, abisnya cuaca di Indonesia kan gak ekstrim kayak sini, jadi kita emang kita gak butuh dan gak peduli sama perkiraan cuaca. Emang elu di Indonesia dulu ngeliat perkiraan cuaca tiap hari ya?”

“Nggak juga…”, jawab sang temen.

Komentar sejenis juga bisa diliat di sini. Menurut gue, di Adelaide tuh:

  • Cuaca di Adelaide emang relatif ekstrim, kalo dibandingkan sama Jakarta tentunya. Ekstrim di sini maksudnya antara hari ke harinya bisa berubah drastis, jadi bukan masalah perbedaan antara cuaca siang sama malem. Sebagai perbandingan, dari mulai aku dateng pas pertengahan Januari aku udah ngalamin suhu panas banget sampe dingin banget. Rekaman lengkap cuaca di Adelaide bisa diliat di sini. Pas summer kemaren aja ada masanya dingin banget, suhu maksimum 19 derajat pas siang, sampe-sampe ke kampus musti pake jaket. Abis itu dari 3 Maret sampe 17 Maret, cuaca luar biasa panas, suhu maksimum lebih dari 35 derajat terus-terusan. Kali ini tidur musti di karpet, plus jendela dibuka lebar-lebar, itu pun tetep panas. Pas menjelang fall kayak sekarang, suhu tuh ideal antara 19 – 25 derajat. Abis autumn selesai baru deh winter dateng, dingin pastinya.
  • Kelembaban di Adelaide rendah sekali. Buat gue yang biasa dengan kelembaban minimal 75% di Jakarta, di sini tuh jadi aneh soalnya kelembabannya bisa cuma 12% doang. Jadi mau panas banget atau dingin banget, tetep aja kelembabannya rendah. Konsekuensinya, susah keringetan, kulit jadi kering banget, dan jarang banget hujan.
  • Curah hujan di sini rendah banget, sekalinya hujan aja kecil banget (gerimis, di sini disebut mist) dan cuma sebentar aja. Jadi kalo pas ujan, tungguin aja sebentar pasti berenti. Akibatnya, South Australia itu state yang paling kering di seluruh Australia, sementara Australia sendiri benua paling kering kedua setelah Artic. Pas summer kemaren ajah sampe ada warning water crises. Herannya, water crises di sini tuh artinya: air dapet gratis gak perlu ngebor sumur sendiri, kualitasnya bagus layak minum, yang gak boleh cuma nyiram kebun pake sprinkler (yang nyemprot-nyemprot sendiri itu lho). Kalo kayak begitu, kondisi PAM di Jakarta (yang airnya gak layak minum, keluarnya tersendat-sendat, bayarnya mahal, layanannya terbatas, pipanya sering bocor) disebut apa ya? Kiamatnya layanan air kali ya?

Soal perkiraan cuaca, emang rinci banget sih, gak kayak di Indonesia. Perkiraan cuaca di sini ada terperinci sampe per suburban (kayak wilayah kecamatan) dan perkiraan jamnya. Jadi kalo kita dengerin perkiraan cuaca tuh bakal tau, di suburb anu suhu maksimal 37 derajat pas jam 4 pm, suhu minimum 23 derajat pas jam 7 am misalnya. Atau juga dikasi tau, besok jam 7 am bakal hujan, kecil aja sih kayak gerimis. Dan ternyata emang sebagian besar perkiraannya itu emang bener.

Tambahan lagi, perkiraan cuaca itu juga dipake dasar pengambilan keputusan, contohnya ada kegiatan olah raga bersepeda rutin yang pengumumannya, “the activity automatically cancelled if the weather forecast exceed 35 degree.” Kalo gue di Indonesia ya mau perkiraan hujan apa panas ya tetep aja gue beraktivitas, tinggal siap-siap selalu bawa jas hujan, beres… Lagian, emang gak pernah dengerin perkiraan cuaca juga koq pas di Indonesia. Maaf ya, BMG…😉😮

Tentang Maman Firmansyah

Seorang pegawai yang gak jelas kerjaannya, selain apa yang disuruh atasan. Suami dari seorang istri dan ayah dari dua orang anak.
Pos ini dipublikasikan di Life in Adelaide. Tandai permalink.

4 Balasan ke Cuaca di Adelaide

  1. infogue berkata:

    Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersediaa plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com
    http://cuaca.infogue.com/cuaca_di_adelaide

  2. roni berkata:

    hai………………..warga indonesia apa kapar gw roni dr serang.soal perkiraan cuaca di ina bagus dan cerah.tambah ragi di serang cuacanya bagus.kalo gw bisa membuat cuaca gw mau musim panas dan dingin pada siang dan malam hari.maaf ya bmg………………….:-o

  3. Maman Firmansyah berkata:

    Hai juga..

    Terima kasih sudah mampir.

  4. Ping balik: Kenapa dan Kapan Harus Punya Mobil? « My Mind

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s