(Asyiknya) Analisis Kunci

Dulu pas zamannya kuliah di STAN, mata kuliah yang paling sering gue ambil adalah mata kuliah ALK, alias Analisis Kunci. Ceritanya begini, mata kuliah Keahlian (MKK) di STAN tuh rata-rata itung-itungan, dari mulai Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Manajemen Keuangan. Semua MKK itu juga pake textbooks Bahasa Inggris, gak pake terjemahan. Entah darimana asal muasalnya, untuk setiap textbook yang dipake itu pasti aja ada kunci jawabannya, lengkap untuk tiap bab dalam bentuk hardcopy, atau bahkan softcopynya.

Ketersediaan textbooks, plus kunci jawabannya, bikin pola belajar gue selama di STAN rada unik. Dateng kuliah, ngedengerin kuliahnya dosen, dengan berbagai kualitas dari mulai mencerahkan, membingungkan, sampe meninabobokan. Kalo ada PR, dan pasti ada PR, gue kerjain dengan nyontek dari si kunci jawaban yang tersedia. Nah, menjelang ujian (range-nya bisa sebulan atau bahkan beberapa hari atau jam sebelum ujian) tinggal dianalisis tuh soal-soal di textbooks, dan diliat jawaban yang benernya di Kunci Jawaban yang tersedia, dan oooh… gini toh cara ngejawabnya… Hasilnya? Alhamdulillah lulus juga dari STAN.😎

Nah, mengingat derajat kemiripan yang tinggi antara kuliah di STAN dulu dengan kuliah sekarang, tentunya gue berharap pola belajar yang dulu bisa diterapkan lagi, pengennya… Dan mulailah gue berburu kunci ke teman-teman satu angkatan dan senior. Dari mulai yang sama-sama anak STAN, lulusan Teknik Informatika sampe yang dosen Manajemen Keuangan (dan ngajarin buku yang sama persis dengan textbook yang kita pake sekarang), jawabannya selalu sama: “Nggak punya tuh! Elu punya? Bagi dong…!!”😕 Ughhh… cape deh… Situasi kampus yang men-stress-kan ternyata membuat tingkat kreativitas seseorang bener-bener jadi turun ke level yang serendah-rendahnya.

Dan akhirnya, kayaknya emang gue perlu turun tangan nih, menyelesaikan masalah kebuntuan kunci jawaban ini. Ibarat kata pepatah,💡 ‘Udah gak ada yang bisa ditanya, tanyalah Mbah Google!’ Dan emang sesakti-saktinya mahasiswa University of Adelaide, Mbah Google emang jauh lebih sakti. Hanya perlu dua kali percobaan buat nentuin keywords yang pas, akhirnya kunci jawaban buku Fundamentals of Financial Management-nya Brigham & Houston pun gak ketemu. Lho? Emang gak ketemu buku yang sama persis sih tapi lumayan ketemu buku yang sama pengarangnya, judulnya beda tapi isinya gak jauh beda, begitu juga soal-soalnya. Jadi dibutuhkan kreativitas tingkat lanjut buat nentuin ini jawaban buat ngejawab soal yang mana.

Yang gue cari itu kunci jawabannya Fundamentals of Financial Management-nya Brigham & Houston yang edisi 11, yang gue dapet malah:

  • Buku dan solution manual dari Corporate Finance – A Focused Approach karangan Michael C. Ehrhardt & Eugene F. Brigham. Buku ini isinya sama aja sama Fundamentals of Financial Management, soal-soalnya juga banyak yang sama. Dasar kurang kerjaan…
  • Buku dan solution manual dari Principles of Corporate Finance edisi 7 karangan Richard A. Brealey & Stewart C. Myers.
  • Buku dan solution manual dari Corporate Finance edisi 6 karangan Ross, Westerfield, Jaffe.
  • Puluhan judul buku finance laennya.

Begitulah sodara-sodara, selalu ada solusi (ilegal)👿 buat mereka-mereka yang mau. Inget-inget, ‘Don’t try this at home (soalnya ngabisin benwit), try this at your office (where internet is free)….😀

Tentang Maman Firmansyah

Seorang pegawai yang gak jelas kerjaannya, selain apa yang disuruh atasan. Suami dari seorang istri dan ayah dari dua orang anak.
Pos ini dipublikasikan di Campus Life. Tandai permalink.

6 Balasan ke (Asyiknya) Analisis Kunci

  1. Ping balik: Is Google Making Me Stoopid? « My Mind

  2. radi berkata:

    Mau dong solusi manual Corporate Finance ed. 6 karangan ross

  3. lia zumrotu soleha berkata:

    mau dong solusi manual corporate finance edisi 9 karangan ross

  4. era berkata:

    sy sdh tanya mbah google Buku dan solution manual dari Corporate Finance edisi 7 karangan Ross, Westerfield, Jaffe. tapi ga dpt2. klo ada sy mau dong

  5. Monika Magdalena berkata:

    ada ga penyelesaian Question dan Problem Ross, westerfield, Jaffe edisi 7?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s