Turnitin dan Contek Menyontek

Satu hal yang beda banget antara Indonesia (minimal STAN) sama Australia (setidaknya University of Adelaide) adalah soal contek menyontek tugas (bahasa kerennya plagiarism) , terutama essay atay paper. Nyontek kerjaan orang laen itu hukumnya dosa besar, jauh lebih besar dari sekadar nggak ngerjain tugas.

Menghindari tuduhan plagiarism rumusnya cuma satu: selalu reference kalo emang kita nulis yang bukan pikiran kita. Dalam banyak kasus, amat jarang kita bener-bener nulis pemikiran kita sendiri, seringnya sih kita selalu merujuk ke pendapat orang laen.

Kalo soal ketauan nyontek sih di Indonesia juga mungkin sama bakal dihukum juga, cuma gue ngeliatnya di sini udah nerapin sistem buat mencegah usaha plagiarism. Di sini lah turnitin beraksi, yang bakal meriksa tugas tiap student.

Pola kerjanya turnitin adalah dengan nyocokkin kata-kata yang ada (katanya sih dalam bentuk frase atau komposisi 3 kata atau lebih) dalam essay students dengan database dia (isinya kumpulan database jurnal, koran, internet sama paper-paper students dari universitas laen). Jadi kalo ada 3 kata berurutan yang sama persis, bakal ditandain: ini lho nyontek dari artikel anu di jurnal anu. Mahasiswa Indonesia masih boleh bernafas lega karena turnitin ini gak punya layanan bahasa laen selain bahasa Inggris.

Percobaan pertama dengan turnitin pas ngerjain essay yang ini, gue dapet 7%. Artinya 7% dari essay gue ‘dicurigai’ contekan dari punya orang laen. Harga diri gue terusik dong, masa cuma 7%, bukannya harusnya lebih dari 25%? Ternyata dari yang 7% itu:

  • Ada yang berupa quote, jadi emang pasti sama persis sama sumbernya dan pasti ketauan sama turnitin.
  • Ada sebagian yang emang paraphrase gue gak bagus (cuma ganti kata, gak ganti struktur kalimat), jadi tetep dianggap nyontek sama turnitin.
  • Ada lagi sebagian yang gue yakin paraphrase-nya udah bagus dan beda banget sama sumber aslinya, tapi tetep dianggap nyontek sama turnitin, kali ini dibilangin nyontek dari tugas student X di Massey University di New Zealand. Heran nih turnitin, kenal juga kagak sama orang di New Zealand. Setelah merenung selama 5 detik, ketauan deh penyebabnya. Kemungkinan gue sama si student X bikin paraphrase dari sumber yang sama dengan gue dan juga cara paraphrase yang sama. Rada tenang juga mengingat ada juga student yang level englishnya sama parahnya dengan gue, hi..hi..

Setelah diotak-atik, bolak-balik, tumpang-tindih, submit lagi ke turnitin. Kali ini dapet 1%, itu pun emang quote dari jurnal, jadi gak masalah. Hore…

Tentang Maman Firmansyah

Seorang pegawai yang gak jelas kerjaannya, selain apa yang disuruh atasan. Suami dari seorang istri dan ayah dari dua orang anak.
Pos ini dipublikasikan di Campus Life. Tandai permalink.

3 Balasan ke Turnitin dan Contek Menyontek

  1. nia berkata:

    hi,,
    nama gw nia,,gw juga sebel banget sama turitin karna gw skolah dswiss, hampir smua projects harus di handed ke turnitin..
    nah gw setelah gw baca artikel datas gw berkesimpulan brarti sebelum gw masukkin tugas ke dosen gw, gw bisa periksa dulu donk sendiri berapa persen (kira2) plagiarism yg ad dproject gw ???

    thanks sebelumna…

  2. Maman Firmansyah berkata:

    Kalo soal bisa nge-cek/percobaan dulu itu mungkin tergantung fasilitas yang dikasi sama dosennya kali ya?

    Pas di subject gue, emang dikasi tau sama dosennya kalo kita bisa nyobain (sampe berkali-kali malah) submit dulu ke turnitin dibagian trial. Nanti kalo udah yakin (dan minimal hasil ‘contekannya’), baru di-submit ke bagian Final. Gitu kali ya? Mungkin musti di-confirm dulu ke dosennya ya…

    Cheers 🙂

  3. adit berkata:

    cara make trial agar bisa liat kerjanya gmana ya bisa mohon dibantu terimakasih

Tinggalkan Balasan

