Kuliah Gratis

“There’s no such free lunch,” kata orang-orang. Kata gue,”there’s no such free education.”

Kuliah gratis, mungkin ada tapi pasti ada apa-apanya. Emang bener, sekolah ikatan dinas emang gratis tapi tetep aja ada konsekuensinya, ikatan dinas. Artinya abis lulus kita diiket kagak boleh kabur kemana-mana, musti kerja. Enak dong? Ya, bergantung: disuruh kerja apaan dan dimana?

Kuliah gratis, buku teks dikasi, buku tulis dikasi, konsekuensinya gue musti kerja jadi PNS Depkeu selama tiga kali masa kuliah ditambah setaun. Artinya, abis lulus dari STAN setelah kuliah lima taun, gue diiket ikatan dinas 16 tahun. Gue lulus umur 24 tahun (tua banget ya?), ditambah 16 tahun jadinya 40 tahun. Life begins at forty? Nggak juga, kalo gue baru nyari kerjaan pas umur segitu mah wassalam ajah.

Belum lagi, ketambahan lagi sama beasiswa ADS ini. Aturannya 1,5 kali masa pendidikan, kasusnya gue jadi 2,5 tahun, kalo gak nggak mau, ganti rugi 2 kali biaya pendidikan total a.k.a 2 x AUD$82.500 atau Rp 1,36 milyar. Anjrit duit dari mana segitu, …

Total jendral, gue musti ‘mengabdi’ selama 18,5 tahun jadi PNS. Akhirnya, apa yang ada disyukurin aja kali ya? Lagian kata orang, “Kan enak jadi PNS?”

Tentang Maman Firmansyah

Seorang pegawai yang gak jelas kerjaannya, selain apa yang disuruh atasan. Suami dari seorang istri dan ayah dari dua orang anak.
Pos ini dipublikasikan di Pribadi. Tandai permalink.

4 Balasan ke Kuliah Gratis

  1. goxille berkata:

    dulu gmana prosesnya dapet kuliah gratis?

  2. Maman Firmansyah berkata:

    Kalo yang STAN sih tinggal ikutan ujian seleksi masuknya ajah. Langsung kuliah, beres kuliah terus disuruh kerja.

    Kalo yang beasiswa ADS sekarang sih apply lewat kantor.

  3. Denny SM berkata:

    Mas, Kalo nekat ambil s2 ekonomi di ADS (ada gak?) or uni lain yg bagus di OZ dgn biaya sendiri (cewek) bisa gak?, yaitu modal mungkin mentok hanya 100jt aza. seterusnya kudu nyambi kerja.??…

  4. Maman Firmansyah berkata:

    Kalo untuk ADS, gak ada batasan ngambil jurusan, jurusan apa ajah boleh, asal lulus pas seleksi mah beres.

    Kalo soal biaya sendiri, saya gak terlalu paham soalnya gak ngalamin sendiri. Mungkin lebih tepatnya kalo ditanyain sama Mbak Leonyh di (leonyh.blogspot.com). Beliau bayar sendiri, pengalaman nyari kerja, dan sama-sama di Adelaide juga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s