Libur Panjang yang Tidak (lagi) Bermakna

Pas zamannya kerja dulu, hari Sabtu dan Minggu itu terasa sangat berharga. Tambahan satu hari libur nasional pas hari Jumat dan atau Senen menambah keberhargaan itu semakin berlipat ganda. Keberhargaan yang patut dihargai mengingat pas kerja gue musti:

  • Berangkat kerja dari rumah jam 6.30 pagi, kalo naek motor, jam 5.30 kalo naek jemputan atau angkutan umum. Kalo pas naek motor, risiko kepanasan, kehujanan, macet, kena asep.
  • Nyampe kantor jam 7.30 – 8.00, absen, ngecek e-mail, baca Kompas online, detik, Googling terus ngerjain kerjaan yang bisa dikerjain, dengan proporsi yang berubah-ubah sesuai dengan beban kerjaan, artinya kadang kebanyakan nginternet-nya daripada kerjanya (ini yang paling sering terjadi) atau kadang kebanyakan ngerjain kerjaan daripada nginternetnya (ini yang jarang terjadi).
  • Siang pas istirahat, sholat, terus makan. Balik lagi ke kantor buat nerusin kerjaan (atau nginternet lagi) yang belum selesai. Acara istirahat ini divariasikan dengan kunjungan ke Mall Atrium Senen buat jalan-jalan, makan-makan, ngecek buku baru atau nonton film, tentu dengan alokasi waktu yang gak cukup cuma dengan satu jam saja.
  • Pulang dari kantor jam 5.00 sore, nyampe rumah jam 6.00, kecapean, mandi, makan, nonton film di TransTV terus tidur.
  • Terus-terusan begitu selama 5 hari, walaupun gak ada kerjaan berat tetep aja bikin cape dan kesel.
  • Mangkanya, Sabtu dan Minggu jadi sangat berharga buat nambah kuantitas tidur dan istirahat di rumah. Apalagi kalo ada libur panjang, hidup ini terasa indah, walau cuma sesaat.

Sekarang, ritual gue tiap minggu kayak begini:

  • Kuliah mulai hari Senen jam 11.00. Gue cukup berangkat jam 10.15 dari halte bus di depan rumah, naek bus yang nyaman, dingin, dan aman. Kuliah sejam, istirahat sejam terus dilanjutin tutorial sampe jam 4.00 sore. Nyampe rumah jam 5-an.
  • Kuliah Selasa mulai jam 01.00 siang selama satu jam, istirahat sejam, terus ada kuliah lagi sampe jam 5.00 sore. Pulang nyampe rumah biasanya jam 6-an.
  • Kuliah Rabu yang agak berat, mulai jam 8 pagi sampe jam 6 sore. Itu dengan istirahat dua jam abis jam 9 dan sejam abis tutorial jam 12 siang.
  • Kamis libur.
  • Jumat libur, keluar cuma buat sholat Jumat doang.
  • Sabtu dan Minggu, pasti libur dong.

Makanya, pas ada libur Easter hari Jumat dan Senen (21 dan 24 Maret 2008) sekarang ini jadi gak kerasa ada pengaruhnya buat kebahagiaan hidup gue. Biasa aja kayaknya, lha wong biasanya juga Jumat mah emang libur. Gue malah kesel kalo Senen libur soalnya pasti ada kuliah pengganti, yang biasanya malah hari Kamis atau Jumat.

Bisa dibilang, pas zaman kuliah begini: sensitivitas kebahagiaan hari libur gue jadi turun sampe ke derajat yang serendah-rendahnya, apalagi kalo dibandingin dengan tingkat sensitivitas kebahagiaan hari libur pas lagi kerja dulu. Yah, setidaknya dinikmati aja kali ya apa yang ada sekarang, toh nanti belum tentu bisa dinikmati lagi.

Tentang Maman Firmansyah

Seorang pegawai yang gak jelas kerjaannya, selain apa yang disuruh atasan. Suami dari seorang istri dan ayah dari dua orang anak.
Pos ini dipublikasikan di Campus Life. Tandai permalink.

2 Balasan ke Libur Panjang yang Tidak (lagi) Bermakna

  1. Utchie berkata:

    Mas Maman kok tidak menulis lagi?
    Mas Anshori udah masuk kerja loh,Mas…

  2. Maman Firmansyah berkata:

    Yah, begini inih nih kalo kuliahnya cuman buat nyari nilai, Ci. Sekalinya ada assignment atau mau ujian mid, udah gak bisa ngapa-ngapain lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s