Study, then Migrate

Seorang temen cerita, pas tutorial, ditanya sama tutornya: Ngapain kuliah di sini? Buat apaan?

Sang temen, dengan berbusa-busa menjelaskan bahwa dia mengemban tugas dari negara buat belajar, mengembangkan kapasitas diri, setelah lulus kembali ke Indonesia buat memajukan bangsa dan negara tercinta. Halah… pinter banget ya diplomasinya.

Alangkah kagetnya sang temen, ketika temen-temennya yang laen – yang sebagian besar dari China – ngejawab dengan blak-blakan kalo dia kuliah itu biar gajinya entar naek, posisi di kantor tambah bagus, atau bahkan setelah lulus gue pingin migrasi ke Australia. Nah lho! Lagian, emang yang terakhir itu bisa?

Ternyata bisa, sodara-sodara.

Beginih ceritanya, pemerintah Australia punya mekanisme Migrant Occupations in Demand List (MODL). Jadi buat pekerjaan-pekerjaan yang kekurangan pekerja profesional di Australia, mereka masukin jenis pekerjaan ini di MODL dan kalo ada permohonan Permanent Resident (PR) dari warga negara asing dengan kategori skill workers, mereka bakal dapet tambahan poin kalo jenis pekerjaan mereka ada di MODL. Poin tambahan ini bakal nambah kemungkinan diterimanya aplikasi PR mereka.

Khususon akuntan, jenis pekerjaan ini udah dimasukin ke MODL sejak September 2004 dan sejak itu udah ada ribuan akuntan dari seluruh penjuru dunia yang dateng ke Australia sebagai PR, nyari kerjaan di sini. Khusus buat yang kuliahnya Accountingnya di Australia, dapet keuntungan karena gak dipersyaratkan buat punya pengalaman kerja sebagai akuntan, nggak kayak yang kuliah Accounting-nya di negara asalnya dulu.

Jadi kalo mau jadi warga negara Australia, gampang koq. Tinggal nyari daftar pekerjaan yang ada di MODL, kuliah Master di sini kira-kira dua tahun, abis itu bisa ngajuin buat jadi PR. Beres.

Berminat?

Tentang Maman Firmansyah

Seorang pegawai yang gak jelas kerjaannya, selain apa yang disuruh atasan. Suami dari seorang istri dan ayah dari dua orang anak.
Pos ini dipublikasikan di Life in Adelaide. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s