Mahalnya Hidup di Adelaide

The rule of thumbs soal belanja di Australia adalah: JANGAN pernah mengkonversikan harga barang-barang ke Rupiah. I mean, bener-bener jangan…, kalo aturan ini dilanggar kesedihan bakal melanda, homesick, atau pada tahap yang lebih parah: nggak mau belanja barang sama sekali.

Sayangnya, gue itu tipe orang yang hobi melanggar apa-apa yang gak boleh dilanggar. Yang terjadi, setiap belanja gue selalu mengkonversi harga barang ke rupiah dan selalu aja sedih…

Coba deh, liat rincian harga-harga kebutuhan berikut ini (keterangan:harga dalam AUD$, dengan kurs pada hari ini berdasarkan kanggaru, 20/03/2008 AUD$1 = Rp 8.250,-). Silahkan diitung sendiri, kalo aritmetika Anda gak terlalu canggih, jangan malu pake kalkulator.

  1. Biaya sewa, setiap minggu gue bayar sewa unit senilai $ 185, sebulannya berarti gue keluarin $740. Ini buat sewa doang, belum termasuk listrik sama telepon. Untungnya air udah gratis. Begitu juga nggak ada iuran bulanan, nggak kayak di komplek-komplek perumahan di Jakarta yang ada iuran buat bayar satpam, sampah, segala macem. Di sini sampah udah diangkut tiap minggu, gratis. Juga gak perlu bayar satpam segala.
  2. Biaya listrik, dibayar tiap tiga bulanan. Tagihan rata-rata per tiga bulan sekitar $300-an, kalo pas winter tagihan bisa melonjak gara-gara pemakaian pemanas ruangan. Rata-rata per bulan musti nganggarin sekitar $100 – $120 buat bayar listrik ini.
  3. Biaya telepon rumah. Telepon rumah gue pake Telstra, rincian biayanya:
    • Biaya pasang awal, istilanya connection fee, senilai $59. Enaknya di sini, kalo mau pasang telepon gampang banget, tinggal telpon, ngasih data pribadi, besoknya dipasang deh! Nggak ribet kayak di Indonesia, tentunya.
    • Biaya abonemen per bulan yang paling murah adalah $19.95, pastinya gue milih yang ini, konsekuensinya cuma bisa telepon lokal doang (jadi gak masalah karena emang ini telpon cuman buat dipake nelpon pake call card doang), gak bisa nelpon interlokal ke State laen, telepon international tambah gak bisa lagi, gak bisa nelpon ke HP kecuali nomernya pake Telstra juga, dan gak bisa internet ADSL, cuma bisa dial-up doang.
    • Biaya telepon lokal 30 cent.
  4. Biaya telepon HP. Di sini gue pake Optus, pulsa $30 buat 2 bulan, targetnya. Optus ini punya banyak paket pulsa, sesuai dengan nafsu nelpon kita, jadi musti hati-hati milih paket pulsanya. Rincian biayanya:
    • Telepon ke HP di Australia 39 cent per 30 detik.
    • Telepon ke HP di Indonesia $1 per menit.
    • SMS ke HP di Australia 25 cent per sms.
    • SMS ke HP di Indonesia 35 cent per sms.
  5. Biaya transportasi. Per bulan, gue pake 2 tiket off-peak dan 2 tiket peak, kadang malah lebih. Per bulannya, anggaran transportasi ini sebesar $40,20. Biaya beli buku, udah gue ceritain di sini.
  6. Biaya groceries, di sini bervariasi tapi secara umum harganya dua sampe empat kali lipat dari harga barang sejenis di Jakarta. Kalo buat barang-barang yang diimpor dari Indonesia, kayak Indomie, bumbu-bumbu masak, dan segala macem, jadi wajar kalo harganya mahal karena biaya transportasi dan pajak. Berikut ini rincian biaya kebutuhan sehari-hari di sini, I am warning you, ini bener-bener kayak laporan harga sembako-nya RRI. Jadi, kalo emang gak berniat kuliah di Adelaide, dan mau ngitung-ngitung anggaran, gak usah dibaca deh! Gue udah berusaha nyari harga yang paling murah, kalo ada yang Home Brand pasti pake Home Brand.
  • Beras per 5 kg $8,8. Harga beras ini bisa bervariasi bergantung kualitas, gue, seperti biasa, nyari yang paling murah dong!
  • Terigu, per kilonya $2.
  • Daging. Daging sapi per kg $9, daging ayam yang sayap atau paha per kg $3,5, kalo daging ayam yang dada seharga daging sapi.
  • Minyak goreng per 2 liter seharga $5,75.
  • Jangan ngeliat harga ikan deh. Bikin nangis ajah, harganya mahal banget. Udang ajah, yang seger, per kilonya bisa $20, ikan bisa $25 sampe $40. Satu-satunya jenis ikan yang gue makan selama di sini cuma ikan sarden kaleng doang, murah.
  • Cabe merah segar, per kilonya $15.
  • Tomat per kilonya $6.
  • Bawang merah yang kecil-kecil kayak di Indonesia, per kilonya bisa $15. Gue beralih ke bawang merah yang segede-gede bawang Bombay, soalnya harganya lebih murah per kilo $6.
  • Tempe dan tahu, ukuran 15 x 15 cm, harganya $3,5 alias sama aja dengan harga sekilo paha ayam.
  • Kentang, per kilonya $3.
  • Terong, per kilonya $5,48.
  • Sawi putih, per biji kayak di kita itu harganya $4.
  • Roti tawar per 650 gramnya $2,28.
  • Telor 12 biji, kira-kira 700 gr harganya $3,5.
  • Wortel, per kilonya $2.
  • Bayam, cukup buat sekali masak harganya $2,5.
  • Susu kental manis, per 395 mL harganya $2,5.
  • Pasta gigi, yang 165 gr harganya $3.
  • Indomie, segala jenis harganya 50 cent.
  • Harga buah-buahan rata-rata sih sama kayak di supermarket di Indonesia, gak terlalu beda jauh. Mungkin karena semuanya produk lokal, jadi relatif lebih murah kalo dibandingin sama harga kebutuhan yang laen.
  • Kalo gak mau masak sendiri, boleh beli yang udah jadi. Permasalahannya, gak semua rumah makan di sini punya sertifikat halal, di sekitar kampus aja cuma ada satu restoran yang halal, yang laennya (KFC, McDonald, Subway, dll) gak jelas. Permasalahan kedua, jarang banget selain di pusat kota dan pusat perbelanjaan, dan rata-rata jam 5 sore udah tutup. Jangan bayangin di sini ada orang gelar tenda di pinggir jalan jual pecel ayam, ayam bakar, nasi goreng, segalam macem ya! Kagak ada ceritanya begitu. Sebagai perbandingan, porsi paling murah di restoran halal itu seharga $5.

See, bagaimana pun Indonesia itu tetep indah koq. Walau pemerintahnya korup, jalanan macet, orangnya males-males, liat dong sisi positifnya, harga-harga murah, nyari makan gampang. Sayangnya semuanya itu baru kerasa doang kalo kita lagi di luar negeri.

Tentang Maman Firmansyah

Seorang pegawai yang gak jelas kerjaannya, selain apa yang disuruh atasan. Suami dari seorang istri dan ayah dari dua orang anak.
Pos ini dipublikasikan di Life in Adelaide. Tandai permalink.

29 Balasan ke Mahalnya Hidup di Adelaide

  1. zidanie berkata:

    Mas, mas.. itu kemaren emang abis belanja segitu banyaknya apa emang lagi ada tugas applied finance untuk ngitung harga sembako di Adelaide plus kenaikan inflasinya? lengkap banget kayak siaran di RRI..😀 harus direkomendasikan ke ibu-ibu PPIA nih blognya..

    Btw, mahal juga yah buat biaya sewa rumahnya.. itu sharing house ato on-campus tinggalnya Kang? Mas Andik katanya di Melben shairng house juga cuma AUD 560 per month.. whew, gimana di Sydney yah??

    (red. lagi pusing milih tempat tujuan studi)

  2. Maman Firmansyah berkata:

    Begini ceritanya…, entah karena emang naluri akuntan atau emang karena saking gak ada kerjaan laen makanya semua nota pembelian dari Coles, Woolworths, Foodland itu dicatet.. keluar lah rincian kayak di atas.

    Biaya sewa itu sewa unit. Per unit per bulannya ya $740, isinya dua kamer dan aku sharing sama Manggi. Jatuhnya per orang per bulan sih $340.

    Gak usah pusing-pusing milih tempat study, kalo di Indonesia-nya udah kaya dan di Australia nggak perlu nge-hemat stipend(sama kasusnya kayak Mas Dani), itu uang dari ADS sih, pasti cukup. Laen kasusnya kalo di Indonesia masih miskin (kayak aku) dan perlu nge-hemat biar bisa beli rumah Barbie buat anak, ya perlu nge-hemat.

  3. monica.christy berkata:

    Wah mas..thx banget ats informasi nya…so informative.gw rencana nya taun depan mw transfer studi ke adelaide (UniSA),skrng masih d malaysia dulu, tp buat d adelaide gw masih blur banget.

    posting ttg adelaide more and more ya, biar gw ada bayangan tuh adelaide tu kaya gimana,kalo bisa tmpt hangout yg seru,tmpt jual makanan murah n enak🙂
    thx
    GBU

  4. Maman Firmansyah berkata:

    Soal kehidupan di Adelaide menurut perspektif mahasiswa Indonesia bisa blogwalking ke blog-blognya:
    Mas Ardy Arsyad
    Mbak Intan
    Mbak Leonyh
    Mas Agung Prabowo
    Mbak Ika Safitri

    Happy blogwalking!

  5. Ping balik: Hidup Hemat di Adelaide (Pengennya…) « My Mind

  6. Ping balik: ‘Group of 8′ Rasa The University of Adelaide « My Mind

  7. Bayu Dardias berkata:

    Ternyata mirip-mirip harga di Canberra. Ternyata Adelaide tidak murah. Menarik sekali, sangat detail (pasti lagi gak ada tugas)
    Sekedar pesan dari seorang temen:
    “semua memang perlu dihitung, tapi jangan itungan.”🙂

  8. Maman Firmansyah berkata:

    Yap, setuju, Adelaide memang tidak murah. Kalo dari segi groceries, biaya telekomunikasi, trasnsportasi, saya yakin antar negara bagian gak bakalan beda jauh biayanya.

    Saya memang ngitung semuanya (biar rada pantes punya sertifikat akuntan-nya), tapi Insya Allah saya gak itungan (minimal menurut pendapat saya…) :mrgreen:

  9. ella berkata:

    jadi sedikit penasaran ….
    kira2 brisbane bakal sama mahalnya apa enggak yah mas?

  10. fernandes berkata:

    Terima kasih banyak infonya kang maman sedikit memberi gambaran buat diriku ingin melanjutkan pendidikan di Australia, oh ya kang Maman saya mau nanya ni dan mohon di bantu ya dan di kasih gambaran yang jelas tentang kehidupan di adelaide, andaikata saya jadi diterima di Flinders dan mau membawa keluarga kesana, istri dan 3 anak saya kira-kira berat ngga hidup hanya dengan Stipend kita, n kira-kira kalau saya bawa bebarengan dengan kedatangan saya yang pertama, repot ngga dan ada ngga kawan kita yang di adelaide sama kasusnya dengan saya dengan membawa anak dan istri, dan bagaimana kalau kemungkinan saya dan istri bisa ngga langsung melamar kerja setelah sampai disana, dan saya sambil kuliah di flinders, n kebetulan istri saya seorang perawat kira-kira bisa tidak diterima kerja di rumah sakit di adelaide, mohon petunjuknya ni kang maman, dan terakhir bagaimana dengan sekolah anak-anak di sana, gratis atau harus biaya juga…. mohon dibantu kang hatur nuhun

  11. Maman Firmansyah berkata:

    Wah, pertanyaannya borongan, dijawab sebisanya ya:

    andaikata saya jadi diterima di Flinders dan mau membawa keluarga kesana, istri dan 3 anak saya kira-kira berat ngga hidup hanya dengan Stipend kita

    Kalo itu tergantung preference masing-masing dan gaya hidup sih. Kalo berdasarkan pengalaman saya pribadi, i.e. cuma stipend hidup dengan istri dan satu anak 1 tahun, stipend sih cukup. Ada temen juga yang bawa 2 atau tiga anak, tapi rata-rata istrinya kerja.

    kira-kira kalau saya bawa bebarengan dengan kedatangan saya yang pertama, repot ngga dan ada ngga kawan kita yang di adelaide sama kasusnya dengan saya dengan membawa anak dan istri

    Kalo mau berangkat bareng istri, setau saya tergantung beasiswanya apa? Kalo yang dari AusAID, yang ADS, APS atau ACIAR gak bisa berangkat bareng istri (karena pengurusan visa istri baru setelah student berangkat). Kalo AusAID yang ALA, boleh berangkat bareng istri. Kalo beasiswa yang laen saya kurang tau persis.

    Pertimbangannya tentu masalah akomodasi, karena nyari akomodasi di sini gak gampang, bisa makan waktu berminggu-minggu. Selama belum dapet akomodasi permanen, tempat tinggal sementara yang bakal jadi masalah, karena biasanya bakalan mahal banget. Kalo student berangkat sendirian, akomodasi sementara rada gampang soalnya kan bisa numpang di tempat temen, atau alternatif laen sedangkan kalo bawa keluarga mungin agak lebih repot. Jadi kunci permasalahan istri berangkat bareng adalah soal jenis beasiswa dan akomodasi. Kalo sebelum berangkat ke sini udah tau mau tinggal di mana, bawa istri langsung gak ada masalah.

    ada ngga kawan kita yang di adelaide sama kasusnya dengan saya dengan membawa anak dan istri

    Ada satu orang temen saya, beasiswa ALA yang berangkat bareng istri dan anak 7 bulan. Masalahnya, beliau udah pernah tinggal di sini pas ngambil Master dulu, jadi udah kenal banyak orang. Pas nyampe sini udah dapet akomodasi sementara di rumah kenalannya.

    istri bisa ngga langsung melamar kerja setelah sampai disana, dan saya sambil kuliah di flinders

    Kalo kuliah di Flnders sih jaringan kerja spouse-nya kuat cuma rata-rata kerja casual di kebun (strawberry, anggur, leek) atau di mushroom. Kurang tau kalo buat perawat gimana mekanismenya. Mungkin bisa ditanya ke Mas Ardi (alifterzaghi.multiply.com). Beliau istrinya dokter.

    bagaimana dengan sekolah anak-anak di sana, gratis atau harus biaya juga

    Yang ini juga bergantung beasiswanya. Kalo dari AusAID, kita berhak dapet gratis biaya pendidikan. Kalo dari beasiswa non-AusAID, tetep harus bayar. Perlakuan yang sama juga buat childcare benefit.

  12. mita berkata:

    Saya baca info dari Maman. Asyik juga.
    Saya memang lagi cari info tentang univ di Australia, khususnya untuk S3 bidang kajian agama dan budaya.
    Mas saya rencana mau ikut program sandwich yang hanya 4 bulan. Ingin ajak suami juga. Ya sekalian jalan2. Apa juga sulit untuk mendapatkan room untuk suami istri. Bukan apartment yang tentunya selain sulit nyarinya juga mahal. Sebelum ini saya pernah di Miami, USA, untuk program master. Juga ajak suami. ya memang disana lebih mahal dari australia tapi untuk cari room asal tidak pas tahun ajaran baru tidak terlalu sulit.
    Oke trims infonya.
    Boleh tau ngak alamat emailnya.

    Mita

    • Maman Firmansyah berkata:

      Kalo cuma 4 bulan, mungkin alternatifnya nyari student accommodation, soalnya kalo unit atau sharing house biasanya butuh kontrak minimal 6 bulan. Kalo Mbak kuliahnya di Adelaide Uni atau UniSA, mungkin student accommodation yang Glynde Lodge (http://www.glyndelodge.com.au/) bisa jadi alternatif (sekitar 10 menit dari city, gak ada kontrak, bayar per minggu,dan boleh bawa keluarga).

  13. Yeni berkata:

    Pak maman yth, trims infonya yang generous sekali…saya berencana apply beasiswa S# dikti (kalo buka september 2009 ini), dan prospective supervisors yang sudah ok adalah di Uni of Adelaide.
    Saya punya 3 anak usia 8 dan 10 tahun, serta 1 tahun, jadi pertimbangan utama adalah sekolah anak-anak.
    Saya agak bingung dengan info pak Maman bahwa jika beasiswaNON-AUSAID, dependant-nya harus bayar school fee dan childcare fee. tapi saya baca di http://www.internationalstudents.sa.edu.au/pages/dependants/ seperti ini (saya copy paste):
    Dependants of International Tertiary Students
    If you are an international student studying an award course (e.g. visa subclass 572, 573 or 574) in a South Australian tertiary education institution, you may choose to enrol your school-aged dependants in a South Australian government school for the duration of your visa.

    A school-aged dependant of an international student must be between 5 and 18 years of age and unmarried at the time of application.

    There are two categories of Dependants:

    * Children of international tertiary students
    * Children of South Australian government endorsed scholarship holders

    Children of South Australian government endorsed scholarship holders are eligible for a tuition fee waiver. This category of scholarships includes:

    * Australian government scholarships e.g. AusAid or International Postgraduate Research Scholarship
    * South Australian government scholarships
    * South Australian university scholarships
    * Some scholarships awarded by the tertiary student’s home country government, provincial or state government, or multilateral agency e.g. Unitied Nations, World Bank or Asian Development Bank (Higher Degree by Research students only)

    Bagaimana menurut pendapat Pak Maman? Jadi saya masih mengharapkan bahwa untukHRD students, masih bisa gratis sekolah primary/secondary school, kalau childcare mungkin masih bisa ditangani sendiri krn tidak tiap hari dititip ke childcare.

    Oya saya dulu jadi dependant waktu suami kuliah di UQ tapi memang dapat ADS jadi gak masalah.nah sekarang saya tidak yakin bisa lolos ADS krn untuk S3 terbatas sekali……

    Terima kasih banyak atas masukannya,
    Wassalam
    Yeni

  14. Yeni berkata:

    Pak maman yth, trims infonya yang generous sekali…saya berencana apply beasiswa S3 dikti (kalo buka september 2009 ini), dan prospective supervisors yang sudah ok adalah di Uni of Adelaide.
    Saya punya 3 anak usia 8 dan 10 tahun, serta 1 tahun, jadi pertimbangan utama adalah sekolah anak-anak.
    Saya agak bingung dengan info pak Maman bahwa jika beasiswaNON-AUSAID, dependant-nya harus bayar school fee dan childcare fee.
    tapi saya baca di http://www.internationalstudents.sa.edu.au/pages/dependants/ seperti ini (saya copy paste):
    Dependants of International Tertiary Students
    If you are an international student studying an award course (e.g. visa subclass 572, 573 or 574) in a South Australian tertiary education institution, you may choose to enrol your school-aged dependants in a South Australian government school for the duration of your visa.

    A school-aged dependant of an international student must be between 5 and 18 years of age and unmarried at the time of application.

    There are two categories of Dependants:

    * Children of international tertiary students
    * Children of South Australian government endorsed scholarship holders

    Children of South Australian government endorsed scholarship holders are eligible for a tuition fee waiver. This category of scholarships includes:

    * Australian government scholarships e.g. AusAid or International Postgraduate Research Scholarship
    * South Australian government scholarships
    * South Australian university scholarships
    * Some scholarships awarded by the tertiary student’s home country government, provincial or state government, or multilateral agency e.g. Unitied Nations, World Bank or Asian Development Bank (Higher Degree by Research students only)

    Bagaimana menurut pendapat Pak Maman? Jadi saya masih mengharapkan bahwa untukHRD students, masih bisa gratis sekolah primary/secondary school, kalau childcare mungkin masih bisa ditangani sendiri krn tidak tiap hari dititip ke childcare.

    Oya saya dulu jadi dependant waktu suami kuliah di UQ tapi memang dapat ADS jadi gak masalah.nah sekarang saya tidak yakin bisa lolos ADS krn untuk S3 terbatas sekali……

    Terima kasih banyak atas masukannya,
    Wassalam
    Yeni

  15. Yeni berkata:

    maaf sekali pak terkirim dua kali

  16. Myria Rafiz berkata:

    waaahhh blognya informatiff sekali!
    saya mahasiswa yang berencana melanjutkan master degree ke Adelaide University, mau ngambil Master of Acc & marketing, pengen ambil scholarship via ADS tapi masiih bingung. buat lulusan S1 yang belum bekerja bisa nggak ya? trus apakah yang mau ngambil major acc & marketing bisa ambil beasiswa itu juga?
    sama mau tanya lagi mas, kira2 pengeluaran per minggu brp ya kalo flat nya share sama temen?
    terimakaish sebelumnyaaa😀

  17. heidy - biro perasuransian berkata:

    hihi..tadi aku baca infonya dengan teliti sambil mbathin,kok mas ini teliti bgt ya,sampe hafal harga dg jelas.aku ngomomg lah ke suami yg lg duduk di sebelahku, “lumayan ni ada referensi living cost di adelaide, just check it out”. tanpa sadar siapa yang nulis,aku terus baca sampe akhirnya aku baru notice, wew..Maman Firmansyah…ini mas Maman yang di biro nya Suci bukan ya? (aku temennya uci,hehe). Pas aku baca lanjutannya lagi..”aku sharing sm Manggi”, haha tidak salah lagi..mas Maman n mas Manggi…(kalo sm mas Manggi, aku udah kenal, kalo mas Maman baru kenal nama nya aja).
    Eniwei,thanks bgt infonya..really helpful buat jadi bahan pertimbangan aku utk milih tempat studi. Salam kenal ya..

  18. Mutia berkata:

    Kalo mau nyari sewa apartemen ato flat buat mahasiswa yg murah,aman dan nyaman gimana ya?hehehe…

  19. yusak berkata:

    mas mau tanya, klo makanan jadi di adelaide yang paling murah brp? yg di postingannya mas, yg halal $5, klo yg selain halal berapa mas? soalnya ak mau ke adelaide

  20. isnah berkata:

    so mo tanya, gimn klo soal biaya kuliah disana…..
    it’s mean cara pembyaran.y…..???

    apa sm dng indonesia, we must pay setiap smster or different…..???

    tlong ksi msukan.y sy butuh inpo.y….???
    oh iya kak gmn soal universitas disana, dri sini transit nilai ksana bleh g…..??

    buat ank indonesia job part time yg bgus pa yach disn biar bsa nambah2 unag sku…..???

    th…………

  21. afif berkata:

    mas minta tolong aku pengen informasi tentang universitas di situ yg da jurusan hubungan internasionalnya, terus lg kalo misal mu skolah d situ nyari sqampingan kerja mudah g ya…..08563339564

  22. lekha berkata:

    kalo di asutralia, kota mana yang biaya hidupny apling murah, ada info katanya yang paling murah di Pertth, benarkah ?

  23. sang petualang berkata:

    wah wah.. kok jadi ngeri saya, padahal ada rencana belajar kesono :takut

    diriin tenda aja om, biar ga usah sewa rumah
    :ngacir

  24. Melissa berkata:

    aku bru sampe adelaide ni….postgrad di UniSA….ada teman2 dari Indo yang bisa di kontak gak? sepiii….kangen rumah😦

  25. ayu Balinesse berkata:

    hi Melissa…

    sama, saya juga baru nyampe adelaide 2 mgg lalu. disini sih visit pacar, dia asli adelaide sini.
    anyway, aku Ayu dr Bali. rada2 homesick nih…dirumah trus kcuali pacar pas free baru dia bisa anter kmana mana. makanya nih browsing u/ cari info more mengenai orang Indo di Adelaide…biar gak brasa sendiri di negeri orang.
    bisa kontak saya deh… ayu.julika@gmail.com yee…🙂
    salam

    Ayu

  26. ayu berkata:

    hi Melissa,

    saya juga baru disini nih. kl saya dr Bali, disini visit temen. cuma rada membosankan, beda dengan suasana di Bali. plus lagi, temen cuma bisa anter saya kemana mana kl dia lagi free aja…
    sama..kangen rumah..hikss
    ayu.julika@gmail.com

  27. Santi UD berkata:

    Thanks atas postingannya, Mas. sangat inforamtif. kalo harga buah murah, saya beralih makan buah aja😀

  28. tias berkata:

    masnya masih disana gag skrg? kalo iya tolong kasih infonya yang harga skrg dump hehehe.. pastinya udah beda kan? thq

Tinggalkan Balasan

