Mengais Nilai di Negeri Orang

Saya punya teori sesat bahwa di zaman edan internet kayak sekarang, pendidikan sebagai upaya buat nambah ilmu itu udah gak relevan lagi. Orang cuman perlu tanya ke Mbah Google kalo mau tau soal sesuatu. Hypothesis saya, Mbah Google itu jauh lebih pinter dari dosen terkemuka dari Universitas terkemuka mana pun di dunia ini.

Sialnya, ternyata sebagian besar orang ngambil pendidikan formal, terutama yang di Universitas entah itu S1, S2, atau bahkan S3 pun, emang tujuannya bukan buat nyari ilmu. Mereka nyari GELAR, sebagai wahana buat ningkatin gengsi, status, karir, mau nyari kerjaan, ngabisin duit ortu, atau apapun alasannya selain nyari ilmu.

Dalam rangka nyari gelar inilah, nilai menjadi jauh jauh lebih penting daripada pemahaman terhadap mata kuliah. Kenapa? Jelas karena gelar a.k.a kelulusan emang ditentukan dari nilai, yang belum berarti sama dengan pemahaman terhadap mata kuliah yang dipelajari. Pengalaman pribadi menunjukan, semua ilmu yang dipelajari buat ujian – dengan tingkat pemahaman bervariasi dari mulai bener-bener gelap, remeng-remeng, agak terang, jelas banget – bakal nguap lagi sesaat setelah ujian, atau setelah kita belajar lagi buat ujian mata kuliah yang laen. Makanya ketika ditanya orang: ngerti soal teori X yang dulu dipelajari pas Semester 3? Jawabannya: Gimana ya? Dulu pas belajar sih belum terlalu paham, sekarang malah udah lupa sama sekali. Nah lho?

Dulu, pas di STAN, orientasi nilai ini bener-bener jelas. Kuliah gratis, buku dipinjemin, lulus langsung kerja, wajar lah kalo Depkeu minta mahasiswa STAN IP-nya minimal 2,6 (pas zaman-nya saya, sekarang udah naek jadi 2,75). Yang jadi masalah tentu cara dapet nilai itu.

Di STAN, kejadiannya adalah:

  • Sepanjang semester (atau tahun), kuliah cuman berkutat sama satu textbook (bisa dua kalo sama edisi terjemahan bahasa Indonesia-nya). Kagak ada ceritanya kita kuliah pake referensi berbagai buku, dan kita musti nyari buku di perpus. Sekalinya pengalaman ngerujuk ke banyak sumber cuma pas bikin skripsi di D-IV, atau beberapa mata kuliah di D-IV. Pas D-III, kagak ada ceritanya begitu.
  • Proporsi ujian yang gede, 40% dari ujian mid-semester, 40% dari ujian akhir, dan sisanya dari aktivitas kuliah:ngerjain PR, absensi, paper (kalo ada, biasanya malah gak ada).
  • Pas D-III, kuliah kerjaannya cuman ngitung-ngitung mulu. Sebenernya sih emang ada kuliah yang gak ngitung, cuman biasanya SKS-nya kecil, bukan mata kuliah keahlian, dan – yang paling penting – dosennya bonus, jadi mau belajar apa nggak, nilainya bakal sama aja.
  • Pas D-IV, kuliah udah agak beda. Ngitung-ngitungnya udah gak seberapa banyak. Kebanyakan diskusi, teori, debat. Kuliah gak susah-sudah amat. Prinsipnya asal ngerjain tugas, pernah ngomong pas diskusi, pasti lulus.
  • Kuliah diabsen, pastinya. Perhitungan 80% minimum kehadiran buat ngikutin ujian bener-bener diperhitungkan.
  • Kuliah musti pake kemeja polos, itupun warnya dibatesin cuma empat warna (putih, biru, coklat sama satunya lagi lupa). Gak boleh pake jeans, musti pake sepatu, dan baju musti dimasukin ke celana.
  • IP gak nyampe 2,6, DO. Ada nilai D di mata kuliah keahlian, DO juga. Gak ada ceritanya ngulang di semester berikutnya, soalnya kita pake sistem paket bukan per mata kuliah kayak sistem SKS.

Semuanya itu masih bisa dimaklumi, dengan pembenaran bahwa gue kuliah di sekolah kedinasan, levelnya masih D-III dan D-IV. Harapan gue, kuliah S2 tentu levelnya lebih tinggi dari kuliah D-IV dong. Lebih conceptual, lebih banyak diskusi landasan teori/prinsip, textbook-nya kayak Accounting Theory-nya Ahmed Riahi-Belkaoui, yang naudzubillah susah bacanya dan sebagainya. Harapannya…

And here I am, kuliah postgraduate di Universitas Group of Eight, peringkat 62 dunia, kejadiannya adalah:

  • Sepanjang semester (gak ada yang sepanjang taun), kuliah cuman berkutat sama satu textbook (bisa juga kumpulan dari beberapa buku tapi tetep udah dikumpulin dalam bentuk custom publishing).
  • Proporsi ujian yang SUPER gede, ini rinciannya:
    1. Principles of Finance = 85% (60% final, 25% mid-test);
    2. Accounting Essentials for Decision Making = 85% juga (70% final, 15% mid-test)
    3. Business Communication = 60% buat final doang, gak ada mid-test;
    4. Quantitative Methods = 50% buat final doang, juga gak ada mid-test.
  • Kuliah kerjaannya cuman ngitung-ngitung mulu, mau lecture, tutorial, sama workshop, yang dibahas ya sama, ngitung juga. Kuliah yang gak ngitung cuman Business Communication.
  • Lecture gak diabsen karena kelasnya yang besar bisa ratusan orang,tapi pas tutorial yang kelasnya kecil cuma 15 orang, kalo gak dateng pasti ketauan.
  • Kuliah dipantau. As an AusAID student, gue musti laporan ke ALO, dapet nilai berapa untuk masing-masing assignment dan ujian, kira-kira bisa lulus apa nggak, dan sebagainya… dan sebagainya…Portofolio gue udah ada di staf jurusan, kalo gue macem-macem, udah langsung ketauan.
  • Kuliah bebas pake baju apa aja.Aku gak tau, boleh gak kalo kuliah gak pake baju, tapi belum nemuin yang kayak gitu.

See, selain masalah pakaian (dan bahasa tentunya), gak ada bedanya antara kuliah di University of Adelaide sama di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Serasa déjà vu,…

Yang lebih parah adalah soal penilaian, secara umum proporsi ujian akhir lebih gede dari STAN dulu. Jadi, jangan sampe sakit pas ujian akhir, repot…

Once upon a time, a lecturer had been questioning by a program director,

Program Director (PD) : The university expect you NOT to give distinction grade (students with 65 – 75 grade) to many students. We hope distinction grade student s are only limited in numbers.
Lecturer (L) : However, according to my normal curve of my class, there should be many students who had a distinction grade. Only for students with high distinction (students with 85 – 100 grade) who are limited in numbers.
PD : Then, you should reformat your normal curve. This situation is not good for our university’s world rank.
L: What about failed students (students with below 50 grade) ?
PD: The same situation, some of your students must failed from your cost. They can repeat your subject next summer semester. You must remember that the cost to run this university is very high.

And again, here I am, tanpa keluarga di negeri orang, mengais-ngais nilai demi Pass (50 – 65)…

Tentang Maman Firmansyah

Seorang pegawai yang gak jelas kerjaannya, selain apa yang disuruh atasan. Suami dari seorang istri dan ayah dari dua orang anak.
Pos ini dipublikasikan di Campus Life. Tandai permalink.

5 Balasan ke Mengais Nilai di Negeri Orang

  1. yanuar berkata:

    STAN sampai sekarang emang masih begitu begitu aja mas, dengan gedung seadanya dan kambing dimana mana.😀 Sebagian besar mahasiswanya malah kian apatis dan terlalu sibuk dengan diri sendiri. Tapi kabar baiknya,proporsi cewek cowok disini udah semakin imbang. Nggak kayak STM lagi.

    Salam kenal dari junior STAN Jakarta yang masih semester satu

    Yanuar

  2. Maman Firmansyah berkata:

    Wah, ada adek kelas yang mampir. Terima kasih, Mas Yanuar.

    Dari dulu STAN emang kayak gitu, dan kayaknya emang gak didesain buat berubah. Susahnya kalo sekolah dibawah Departemen ya kayak gitu, gak ada perkembangan yang cukup berarti. Lumayan lah kalo udah semakin banyak mahasiswinya.

  3. Ping balik: Malesnya Kuliah Foundation Course « My Mind

  4. Ping balik: Kerja sambil kuliah atau kuliah sambil kerja? « My Mind

  5. Ping balik: (Asyiknya) Analisis Kunci « My Mind

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s